kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bitmain menjadi pesaing berat AMD dan Nvidia dalam menambang uang kripto


Kamis, 05 April 2018 / 11:02 WIB
Bitmain menjadi pesaing berat AMD dan Nvidia dalam menambang uang kripto


Reporter: Agung Jatmiko | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Advanced Micro Devices Inc. (AMD) dan Nvidia Corp tidak pernah membayangkan ada perusahaan yang bisa menjadi pesaing berat dalam urusan membuat chip. Namun, kejutan datang dari produsen chip asal China, Bitmain Technologies Ltd.

Mengutip Bloomberg, Rabu (4/4), AMD dan Nvidia sebelumnya menikmati penjualan yang meroket berkat demam mata uang kripto, lantaran produk graphics processing unit (GPU) keduanya diminati para penambang mata uang kripto. Namun, kehadiran Bitmain dengan produknya Antminer E3 diperkirakan akan mampu menjadi pesaing kuat atau bahkan mengalahkan AMD dan Nvidia.

Perusahaan yang berbasis di Beijing, China ini merilis Antminer E3, yang sangat kuat untuk menambang Etherum dan mata uang kripto lainnya. Para analis menyebut Antminer E3 sebagai application-specific integrated circuit miner (ASIC).

Produk ini memang baru akan dikirimkan bulan Juli nanti, namun Bitmain telah membuka pesanan dengan harga satu unit seharga US$ 800.

Analis RBC Capital, Mitch Steves mengungkapkan kekuatan satu unit Antminer E3 ini sama dengan lima GPU.

"Produk ini terutama lebih kuat daripada GPU saat ini. Ini jelas buruk untuk penjualan GPU," kata Steves, dilansir dari Bloomberg.

Dikatakan buruk bagi AMD serta Nvidia lantaran penjualan kedua perusahaan akhir-akhir ini berkaitan erat dengan penambangan kripto. AMD contohnya, di kuartal pertama tahun ini, 25% penjualan AMD terkait dengan penambangan kripto.

Pengumuman Bitmain tidak menjadi kejutan besar bagi banyak penggemar kripto, yang telah berspekulasi setidaknya sejak Februari lalu bahwa perusahaan sedang mempersiapkan untuk merilis perangkat baru untuk menambang mata uang kripto.

Merespons kedatangan pesaing ini, AMD tetap percaya diri. Dalam pernyataan resmi perusahaan, juru bicara AMD Drew Prairie mengatakan, bahwa GPU akan terus memberikan nilai untuk aplikasi blockchain untuk masa mendatang. Namun, driver pertumbuhan jangka panjang terbesar untuk AMD adalah di seluruh pusat data, PC dan bisnis game.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×