: WIB    --   
indikator  I  

China hapus 27 daftar negatif investasi asing

China hapus 27 daftar negatif investasi asing

BEIJING. China menghapuskan 27 daftar negatif investasi untuk zona perdagangan bebas bagi pemodal asing. Pemerintah China mengumumkan hal tersebut, Jumat (16/6) melalui surat pemberitahuan seperti dikutip Reuters.  

Upaya para pemimpin China ini untuk membuktikan janji mereka dalam memperluas ekonomi. Salah satunya dengan membuka kesempatan investor asing untuk meningkatkan penanaman modal asing di dalam negeri. 

Pada daftar negatif ini akan mengurangi daerah terlarang bagi pemodal asing yang berada di 11 zona perdagangan bebas. Dalam zona tersebut bisa menikmati peraturan perdagangan dan keuangan yang lebih longgar. 

Sementara beberapa sektor yang menerima pelonggaran dari daftar negatif ada beberapa. Salah satunya adalah produsen peralatan transportasi kereta api dan satelit. Pada industri tersebut, Pemerintah China tidak lagi mewajibkan untuk melakukan usaha patungan dengan mitra China . Pemerintah China juga tidak mewajibkan pihak China memiliki bagian mayoritas. 

Tak hanya itu, China juga membuka investasi asing bagi beberapa sektor. Jika sebelumnya, China membatasi sektor seperti logam mulia, pertambangan lithium, layanan akses internet, layanan penilaian kredit dan pembangunan taman berskala besar. Sektor tersebut kini telah terbuka bagi pemodal asing. 

Kelonggaran investasi asing juga terbuka pada bidang keuangan. Jika pemerintah China awalnya melarang bank asing untuk melakukan underwriting obligasi. Kini, bank asing bisa melakukan underwriting obligasi. 

China membuka zona perdagangan bebas pertama di Shanghai pada 2013. Sejak saat itu, 10 provinsi dan kota besar seperti Zhejiang dan Chongqing telah disetujui untuk mengembangkan zona tersebut. 

Pada tahun ini, kabinet China mengumumkan pelonggaran pembatasan investasi asing. Seperti dari sektor perbankan, peringkat kredit dan akuntansi. Tapi itu tidak memberikan rincian atau kerangka waktu untuk relaksasi. 

Para kelompok bisnis asing telah mengkritik lambannya Pemerintah China. Sebab reformasi pasar China yang dijalankan tidak semestinya. Pebisnis mengatakan peraturan keamanan nasional serta kebijakan industri sangat bertentangan dari sasaran reformasi yang selama ini ingin dijalankan pemerintah. 
 


Reporter Avanty Nurdiana
Editor Avanty Nurdiana

CHINA

Feedback   ↑ x
Close [X]