: WIB    —   
indikator  I  

Ekonomi AS tumbuh 3% di kuartal kedua

Ekonomi AS tumbuh 3% di kuartal kedua

KONTAN.CO.ID - Amerika Serikat (AS) merevisi ke atas angka pertumbuhan ekonomi kuartal kedua. Berdasarkan data Departemen Perdagangan, produk domestik bruto (PDB) AS mencapai 3% secara year on year, lebih tinggi ketimbang angka awal 2,6% yang dirilis bulan lalu.

Dengan angka revisi kuartal kedua ini, pertumbuhan ekonomi AS sepanjang semester pertama mencapai 2,1%, lebih tinggi ketimbang rilis bulan lalu di level 1,9%. Presiden AS Donald Trump menargetkan pertumbuhan ekonomi 3% untuk tahun 2017.

PDB ini merupakan level tertinggi dalam dua tahun terakhir. Pada kuartal satu lalu, PDB AS sebesr 1,2%. Ekonom memperkirakan, pertumbuhan ekonomi AS di kuartal kedua sebesar 2,7%.

Pertumbuhan ekonomi yang tertinggi sejak kuartal pertama 2015 ini ditopang oleh penjualan ritel dan belanja korporasi. Para pengamat ekonomi memperkirakan, tingginya laju pertumbuhan bisa berlanjut di kuartal ketiga ini.

Pada Rabu (30/8), AS juga merilis data penambahan tenaga kerja swasta bulan Agustus sebesar 237.000. Penambahan tenaga kerja ini naik ketimbang bulan Juli sebanyak 201.000. ADP National Employment Report ini dirilis sebelum laporan tenaga kerja AS pada akhir pekan.

Belanja konsumen yang mengontribusi dua pertiga ekonomi AS, tumbuh 3,3% di kuartal kedua, direvisi dari laporan sebelumnya 2,8%. Ini adalah laju belanja paling kencang dalam setahun. Konsumen menambah belanja kendaraan, ponsel, perumahan, dan utilitas.

Di sisi lain, tingginya belanja ini menurunkan tingkat simpanan. Warga AS mengurangi laju tabungan 3,7%. Angka ini turun ketimbang laporan awal di 3,8% dan lebih rendah ketimbang kuartal satu yang mencapai 3,9%.


SUMBER : Reuters
Editor Wahyu Rahmawati

AMERIKA SERIKAT / AS

Feedback   ↑ x
Close [X]