: WIB    —   
indikator  I  

Fed: Kenaikan suku bunga Desember sudah pasti

Fed: Kenaikan suku bunga Desember sudah pasti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para pejabat bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve melihat, ekonomi negeri Paman Sam mulai tumbuh stabil. Para pejabat ini juga melihat bahwa kenaikan suku bunga hampir pasti di akhir tahun meski beberapa pejabat melihat inflasi belum mencapai target.

Notulen rapat The Fed bulan September menunjukkan bahwa anggota Federal Open Market Committee (FOMC) mengantisipasi bahwa lambatnya inflasi akan teratasi. Bank sentral optimistis pada akhirnya target inflasi 2% akan tercapai seiring pertumbuhan ekonomi yang sehat.

Dengan sentimen tersebut, FOMC mengindikasikan kepastian adanya kenaikan suku bunga Fed Fund Rate sekali lagi tahun ini. "Konsisten dengan ekspektasi bahwa kenaikan bertahap Fed Fund Rate memang diperlukan, banyak partisipan memastikan adanya kenaikan suku bunga sekali lagi jika outlook jangka menengah tidak berubah," ungkap ringkasan rapat bank sentral AS yang rilis Rabu (11/10) waktu setempat.

Kenaikan suku bunga ini diperkirakan akan terjadi Desember 2017. Keputusan ini kemungkinan besar akan dijalankan meski tingkat inflasi AS masih berada di level 1,4%. "Sebagian besar partisipan melihat bahwa inflasi yang masih lambat tahun ini merupakan hasil dari kondisi khusus dan akan memudar," ungkap notulen tersebut.

Pada September, FOMC menahan suku bunga dan mengumumkan rencana penurunan neraca mulai bulan Oktober. Penurunan akan dijalankan lewat pelepasan surat utang yang jatuh tempo. Para anggota FOMC optimistis bahwa reaksi pasar akan minimal.


SUMBER : CNBC
Editor Wahyu Rahmawati

THE FED

Feedback   ↑ x
Close [X]