kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Israel dan Hamas Temui Jalan Buntu Soal Gencatan Senjata di Gaza


Senin, 06 Mei 2024 / 14:46 WIB
Israel dan Hamas Temui Jalan Buntu Soal Gencatan Senjata di Gaza
ILUSTRASI. Israel dan Hamas gagal mencapai kesepakatan mengenai rencana gencatan senjata di Gaza. REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa


Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - GAZA. Israel dan Hamas gagal mencapai kesepakatan mengenai rencana gencatan senjata di Gaza setelah kedua belah pihak tidak sepakat mengenai langkah apa yang harus mereka ambil untuk mengakhiri perang tujuh bulan mereka.

Seorang pejabat Hamas mengatakan bahwa delegasi kelompok tersebut untuk perundingan gencatan senjata Gaza di Kairo berangkat ke Qatar setelah perselisihan publik dengan Israel meningkat mengenai tuntutan untuk mengakhiri konflik.

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan “menyerah” pada permintaan untuk mengakhiri perang sama saja dengan kekalahan.

Pemimpin politik Hamas yang berbasis di Qatar, Ismail Haniyeh, membalas dengan menuduh Netanyahu menyabotase perundingan tersebut.

Baca Juga: Israel Perintahkan Warga Palestina untuk Segera Tinggalkan Rafah

Pejabat Hamas, yang meminta tidak disebutkan namanya untuk membahas perundingan tersebut, mengatakan kepada AFP bahwa "pertemuan dengan menteri intelijen Mesir telah berakhir dan delegasi Hamas akan berangkat ke Doha untuk konsultasi lebih lanjut".

Menurut AFP, para perunding Hamas akan kembali ke Kairo pada hari Selasa dengan mengutip Al-Qahera News, sebuah situs yang terkait dengan badan intelijen Mesir.

Direktur CIA Bill Burns sementara itu menuju ke Doha untuk melakukan pembicaraan "darurat" mengenai upaya mediasi dengan Perdana Menteri Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani, kata seorang sumber yang mengetahui diskusi tersebut kepada AFP.

Pada hari Minggu, para pemimpin Hamas mengadakan perundingan gencatan senjata hari kedua dengan mediator Mesir dan Qatar, namun tidak ada kemajuan nyata yang dilaporkan karena kelompok militan tersebut tetap mempertahankan tuntutannya bahwa perjanjian apa pun harus mengakhiri perang di Gaza, kata para pejabat Palestina.

Seorang pejabat Palestina, yang dekat dengan upaya mediasi, mengatakan delegasi Hamas tiba di Kairo dengan tekad untuk mencapai kesepakatan “tetapi tidak dengan harga berapa pun”.

“Kesepakatan harus mengakhiri perang dan mengeluarkan pasukan Israel dari Gaza dan Israel belum berkomitmen dan bersedia melakukannya,” kata pejabat itu kepada Reuters, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Israel menginginkan kesepakatan untuk membebaskan setidaknya beberapa dari sekitar 130 sandera yang disandera oleh Hamas namun seorang pejabat Israel mengisyaratkan pada hari Sabtu bahwa posisi intinya tidak berubah, dengan mengatakan bahwa Israel “dalam keadaan apa pun” tidak akan menyetujui kesepakatan untuk mengakhiri perang, yang telah mereka sepakati. dilakukan dengan tujuan melucuti senjata dan membongkar Hamas untuk selamanya.

Pejabat Palestina lainnya mengatakan kepada Reuters bahwa perundingan tersebut “menghadapi tantangan karena pendudukan (Israel) menolak berkomitmen terhadap gencatan senjata komprehensif” namun menambahkan bahwa delegasi Hamas masih berada di Kairo dengan harapan mediator dapat menekan Israel untuk mengubah posisinya.

Ketika perundingan terbaru sedang berlangsung, warga dan pejabat kesehatan mengatakan pesawat dan tank Israel terus menggempur wilayah kantong Palestina sepanjang malam, menewaskan dan melukai beberapa orang.

Perang dimulai setelah Hamas mengejutkan Israel dengan serangan lintas batas pada 7 Oktober yang menewaskan 1.200 orang dan 252 sandera, menurut penghitungan Israel.

Lebih dari 34.600 warga Palestina tewas dan lebih dari 77.000 orang terluka dalam serangan Israel, menurut kementerian kesehatan Gaza. Pengeboman tersebut telah menghancurkan sebagian besar wilayah pesisir dan menyebabkan krisis kemanusiaan.

Baca Juga: Netanyahu Enggan Akhiri Perang Sekarang, Tak Ingin Hamas Terus Berkuasa

Qatar, tempat Hamas mempunyai kantor politik, dan Mesir berusaha memediasi tindak lanjut gencatan senjata singkat pada bulan November, di tengah kekecewaan internasional atas melonjaknya jumlah korban tewas di Gaza dan penderitaan 2,3 juta penduduknya.

Sumber-sumber Mesir mengatakan Direktur CIA William Burns, yang juga terlibat dalam perundingan gencatan senjata sebelumnya, tiba di Kairo pada hari Jumat. Washington – yang, seperti negara-negara Barat lainnya dan Israel, mencap Hamas sebagai kelompok teroris – telah mendesak Hamas untuk membuat kesepakatan.

Israel telah memberikan persetujuan awal terhadap persyaratan yang menurut salah satu sumber mencakup pengembalian antara 20 hingga 33 sandera dengan imbalan pembebasan ratusan tahanan Palestina dan gencatan senjata selama beberapa minggu.

Hal ini akan menyebabkan sekitar 100 sandera di Gaza, beberapa di antaranya menurut Israel telah tewas di penangkaran. Sumber tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya atau kewarganegaraannya, mengatakan kepada Reuters bahwa kepulangan mereka mungkin memerlukan kesepakatan tambahan.

Ribuan warga Israel melakukan protes pada hari Sabtu, menuntut Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menerima perjanjian gencatan senjata dengan Hamas yang akan membuat sandera yang tersisa dipulangkan. 




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×