kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lloyds Banking PHK 9.000 Karyawan


Jumat, 24 Oktober 2014 / 11:11 WIB
Lloyds Banking PHK 9.000 Karyawan


Sumber: Bloomberg | Editor: Hendra Gunawan

LONDON. Perkembangan pesat layanan online dalam sistem perbankan memang memudahkan nasabah untuk mengakses jasa industri keuangan. Namun sisi lain, hal ini juga menjadi alasan bagi perbankan untuk mengurangi jumlah tenaga kerjanya. Tujuannya jelas, menurunkan biaya operasional dan mengerek laba bersih perusahaan.

Kasus terbaru terjadi pada Lloyds Banking Group Plc. (Lloyds). yang merupakan satu dari lima bank terbesar di Inggris. Sumber Bloomberg, Kamis (23/10), menyebutkan, bakal ada pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh manajemen Lloyds terhadap 9.000 karyawan, pekan depan.

PHK ini akan menjadi yang terbesar sejak tahun 2011 silam. Sekedar catatan, lembaga keuangan yang kini menghidupi 88.000 karyawan itu, telah merumahkan sekitar 37.000 pekerjanya sejak tahun 2008.

Sumber Bloomberg menambahkan, salah satu alasan PHK karyawan Lloyds lantaran penggunaan layanan online banking oleh nasabah yang semakin pesat. Data British Banker's Association menunjukkan, terjadi penurunan transaksi di kantor-kantor cabang sebesar 10% sejak awal tahun ini.

Terhadap kabar rencana PHK tersebut, Andrew Swailes, Jurubicara Lloyds Banking Group Plc. menolak memberikan komentar. Namun tidak dipungkiri, Antonio Horta Osorio selaku Chief Executive Officer (CEO) Lloyds tengah berjuang meningkatkan laba perusahaan.

 Tujuan Osorio tak lain adalah mengumpulkan modal demi membeli kembali 25% saham Lloyds yang dipegang Pemerintah Inggris, sebagai akibat dari bailout tahun 2008 senilai £ 20 miliar.

Penutupan kantor cabang

Asal tahu saja, tindakan yang dilakukan Lloyds bukan barang baru. Bank besar asal Inggris lain, Barclays Plc pada tahun 2013 juga sudah memecat sebanyak 3.700 karyawan. Langkah tersebut, menurut Antony Jenkins, Chief Executive Officer (CEO) Barclays Plc, bisa menyebabkan penghematan anggaran belanja sebesar £ 1,7 miliar per tahun.

Bahkan kepada para pemegang saham Barclays, Jenkins mengaku dapat memangkas sepertiga lagi jumlah karyawannya, pada satu dekade ke depan. Hal ini bisa terwujud berkat pesatnya perkembangan layanan online yang pada akhirnya meniadakan kebutuhan staf karyawan.

Deutsche Bank AG meramalkan, dalam satu dekade ke depan, enam bank terbesar di Inggris berpotensi mengurangi 8.000 kantor cabang. Sudah pasti, hal tersebut akan berdampak cukup signifikan pada pengurangan jumlah karyawan.      




TERBARU

[X]
×