: WIB    --   
indikator  I  

Prospek Stripe cerah, menarik investor besar (4)

Prospek Stripe cerah, menarik investor besar (4)

Tidak butuh waktu lama bagi Patrick Collison berhasil membuat Stripe bagai intan di mata sejumlah investor. Stripe berhasil meyakinkan banyak investor untuk membenamkan modal di startup spesialis pembayaran online ini. Investor yakin Stripe akan terus berkembang di tengah era digital serta penggunaan smartphone yang terus bertambah di negara maju. Apalagi saat ini, baru 2% transaksi pembayaran di seluruh dunia yang dilakukan secara online.

Sejak awal berdiri sampai saat ini, Stripe telah mendapatkan total suntikan dana dari beberapa investor senilai kurang lebih US$ 262 juta atau sekitar Rp 3,4 triliun. Dana ini digunakan Patrick Collison untuk menggenjot bisnis baik organik maupun anorganik.

Dana dari sejumlah investor masuk mulai dari tahun 2010 sampai 2016. Pada awal berdirinya, Stripe mendapatkan dukungan dana sebesar US$ 2 juta dari Y Combinator. Kemudian ada beberapa investor yang juga pernah membantu Collison ketika mendirikan startup pertamanya.

Memasuki tahun 2014, saat start up mulai booming, Stripe kembali mendapat tambahan dana segar. Pada tahun 2014, Stripe memperoleh guyuran dana dari grup investor asal Amerika Serikat (AS) yaitu GC Stripe Platform Fund senilai US$ 10 juta.

Masuk pada tahun 2015 sampai 2016, minat investor untuk membenamkan uang di Stripe makin tinggi. Pada 2015, Collison mendapatkan sokongan dana sebesar US$ 100 juta dari sejumlah perusahaan. Salah satunya perusahaan pembayaran, Visa.

Kemudian pada tahun 2016, Stripe kembali mendapatkan dana dari US$ 150 juta yang salah satunya berasal dari Sequoia Capital. Dana ini kemudian digunakan Collison untuk mengembangkan Stripe.

Sejumlah investor Stripe berasal nama-nama yang beken seperti Elon Musk yakni pendiri Tesla dan SpaceX. Ada juga Peter Thiel yang merupakan pendiri PayPal. Tidak ketinggalan, Andreessen Horowitz dan Sequoia Capital

Suntikan modal yang diraih Collison kemudian digunakan untuk dua hal, yakni organik kedua anorganik. Modal yang digunakan secara organik untuk mendukung penambahan beberapa fitur atau produk Stripe.


Reporter Galvan Yudistira
Editor Tri Adi

PATRICK COLLISON

Feedback   ↑ x