: WIB    —   
indikator  I  

Sering bertentangan, Trump bertemu Bill Gates

Sering bertentangan, Trump bertemu Bill Gates

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan bertemu dengan miliarder dermawan Bill Gates pada Senin (20/3/2017) pukul 11.00 waktu Amerika Serikat. Pertemuan yang berlangsung di Gedung Putih itu tertutup untuk media.

Gates selama ini terkenal sangat kritis terhadap berbagai kebijakan Trump. Salah satu yang menuai kritik pedas dari pendiri raksasa Microsoft itu adalah rencana Trump memangkas dana bantuan luar negeri.

Pekan lalu Gates memosting sebuah tulisan di blognya dengan judul "Bagaimana bantuan luar negeri membantu orang Amerika".

Gates berargumen, memberikan bantuan dana untuk negara-negara lain membuat Amerika lebih aman. Bantuan luar negeri AS, kata Gates, dapat membantu menstabilkan gejolak dan kerentanan di dunia, memerangi wabah epidemi, dan memperkuat pasar untuk barang-barang AS.

"Bantuan itu memberikan manfaat yang fenomenal, dan menaikkan daya tawar," tulis Gates. "Bantuan tersebut tak sampai 1% dari anggaran federal, bahkan tidak satu sen dari setiap dollar," tulis Gates.

Pernyataan Gates ini bertolak belakang dengan kebijakan Trump. Dalam proposal anggarannya, Trump mengusulkan pemotongan anggaran untuk bantuan asing. "Ini waktu untuk memprioritaskan keamanan dan kesejahteraan Amerika …,” tulis pemerintah.

Gates juga berseberangan dengan kebijakan Trump soal imigrasi dan perubahan iklim. Dia adalah salah seorang pendiri FWD.us, sebuah grup yang mayoritas anggotanya adalah eksekutif perusahaan teknologi. Kelompok ini mendesak adanya reformasi imigrasi untuk memungkinkan pemberian kewarganegaraan bagi banyak imigran.

Trump dan Gates juga bertentangan soal energi bersih. Desember lalu, Gates berjanji menginvestasikan US$ 1 miliar untuk program "ide energi bersih". Menurutnya negara-negara kaya harus bersih alis nol emisi karbon dioksida pada tahun 2050. Pemerintahan Trump berada pada titik kritis untuk segera memerangi pemanasan global.

Sementara anggaran yang diajukan Trump untuk Environmental Protection Agency (EP) akan mengurangi penelitian perubahan iklim.

Ini bukan pertama kalinya Gates telah bertemu Trump setelah pemilihan presiden yang dimenangi Trump. Gates mengunjungi Trump di Trump Tower pada Desember 2016, sehari setelah ia mengumumkan rencana investasi energi bersih.

 


SUMBER : money.cnn
Editor Mesti Sinaga

KEBIJAKAN ANTI-IMIGRAN TRUMP

Feedback   ↑ x
Close [X]