kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak mampu bersaing, Verizon tutup bisnis video streaming


Sabtu, 30 Juni 2018 / 07:52 WIB
Tak mampu bersaing, Verizon tutup bisnis video streaming
ILUSTRASI. Verizon


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Verizon Communications Inc menutup layanan video streaming yang baru meluncur kurang dari tiga tahun. Padahal raksasa telekomunikasi Amerika Serikat (AS) ini telah menghabiskan ratusan juta dollar untuk mengembangkan aplikasi ini. Tapi, apa daya, aplikasi ini gagal meningkatkan jumlah pelanggan.

Verizon rencana mengakhiri aplikasi gratis yang didukung iklan ini pada 30 Juli mendatang. "Setelah penciptaan Oath, go90 akan dihentikan," kata Jurubicara Verizon seperti dikutip Reuters.

Kini, Verizon akan fokus pada membangun merek digital pertama di bidang olahraga, keuangan, berita hiburan bagi konsumen seluler saat ini. Ke depan Verizon akan meluncurkan aplikasi 5G.

Semula, Verizon mengembangkan aplikasi berbasis data agar bisa meraih pendapatan iklan lebih besar dari segmen tersebut. Namun, rencana tersebut tidak berhasil. go90 harus berjuang untuk mendapatkan pelanggan yang berkelanjutan.

Ini karena pertumbuhan bisnis aplikasi melambat bahkan terjun bebas. Pemirsa muda yang dirancang menjadi sasaran go90 tidak berhasil dijangkau. Penyebabnya, pemain yang berkantong tebal seperti Netflix dan YouTube berinvestasi lebih banyak ke dalam program premium.

Goncangan yang dialami oleh Verizon atas bisnis go90 sejatinya sudah dirasakan sejak awal 2017. Beberapa kali, perusahaan ini telah merumahkan beberapa tim.

Verizon juga telah berusaha mencari pemirsa baru. Go90 kemudian mulai fokus pada drama yang menggaet penonton wanita muda, olahraga dan lainnya. Verizon bahkan telah memulai mengumpulkan lisensi konten seperti Veronica Mars dan Fringe.

Namun, bisnis go90 semakin tak menentu. Bahkan setelah Verizon mengakuisisi Yahoo dan bergabung dengan AOL membentuk Oath. Saat Verizon mendapatkan manfaat atas saluran distribusi baru dan jumlah penonton tumbuh menjadi rata-rata lebih dari 17 juta pemirsa per bulan, prospek go90 masih tak pasti.

Sumber The Hollywood Reporter mengatakan, beberapa minggu terakhir para eksekutif pemrograman go90 telah berhenti bertemu dengan mitra potensial. Kini, Verizon sedang berdiskusi dengan mitra konten apa yang dilakukan setelah aplikasi ditutup. Padahal go90 sebelumnya berencana meluncurkan seri baru.




TERBARU

[X]
×