: WIB    —   
indikator  I  

Trump: Militer AS siap hadapi rudal Korut

Trump: Militer AS siap hadapi rudal Korut

KONTAN.CO.ID - Saling ancam antara Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara terus berlanjut. Teranyar, Presiden Donald Trump bahkan menyatakan siap menghadapi rudal Korut.

Trump melontarkan peringatan keras kepada Korea Utara (Korut) yang mengancam menyerang wilayah Guam dengan rudal. Ia menyatakan, Korea Utara bakal sangat menyesal jika benar-benar berani menyerang Amerika Serikat secara terbuka.

Trump menyatakan militer Amerika Serikat sudah siap sepenuhnya jika terjadi provokasi lagi.

"Solusi militer sekarang sudah siap, terkunci dan terisi muatan, jika Korea Utara bertindak secara tidak bijaksana. Semoga Kim Jong-un menemukan jalan lain!" tulis Trump melalui Twitter, Jumat (11/8), seperti dilansir CNBC.

Tak berhenti di situ, Trump memperingatkan Korut agar tidak terus meneken AS dan sekutunya.  "Jika dia melakukan sesuatu kepada Guam atau tempat lain di teritorial Amerika atau tempat lain di teritorial sekutu Amerika, maka dia akan menyesal, dan dia akan menyesal secepatnya," ucap Trump di hadapan wartawan di New Jersey beberapa saat setelah ucapannya melalui twitter.

Meski begitu, Trump masih membuka diplomasi melalui China yang merupakan sekutu Korut. Trump meminta Presiden China Xi Jinping untuk menerapkan lebih banyak tekanan ekonomi pada Korut. Dia mengatakan Beijing dapat melakukan lebih banyak lagi untuk membantu mengendalikan Korut.

Sebelumnya, Korut menyatakan bersiap untuk meluncurkan rudal menuju teritorial Amerika Serikat di Pasifik, Guam. Di Guam terdapat salah satu pangkalan militer AS.

 


SUMBER : CNBC,Reuters
Editor Dupla Kartini

KONFIK AS-KORUT

Feedback   ↑ x
Close [X]