kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

2 Ton Kokain Ditemukan Mengapung di Lepas Pantai Sisilia Italia


Selasa, 18 April 2023 / 06:35 WIB
2 Ton Kokain Ditemukan Mengapung di Lepas Pantai Sisilia Italia


Sumber: The Straits Times | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - SISILIA. Sekitar 2 ton paket kokain ditemukan mengapung di lepas pantai Sisilia, Italia, oleh pihak kepolisian setempat pada hari Senin (17/4). Paket tersebut diduga hendak diselundupkan ke daratan melalui kapal kargo.

Paket narkoba itu ditemukan di daerah antara Messina dan Catania di lepas pantai timur Sisilia, namun polisi menolak untuk lebih spesifik karena mereka terus mencari paket lain.

Mengutip The Straits Times, polisi berhasil mengamankan 70 paket kokain yang diikat menjadi satu dan berisi sekitar 2 ton. Ini sekaligus menjadi salah satu pengangkutan narkoba terbesar yang pernah dilakukan di Italia.

Baca Juga: Ditolak Uni Eropa, Jerman Siapkan Rencana Baru Demi Legalisasi Ganja

"Paket-paket itu, terdiri dari sekitar 1.600 keping obat-obatan, dan memakai alat pelacak, ditemukan oleh pesawat pengintai angkatan laut," ungkap pihak kepolisian dalam pernyataannya.

Untuk sementara, pihak kepolisian menduga paket-paket itu memang sengaja ditinggalkan untuk kemudian diangkut oleh penerima ke daratan. Nilainya ditaksir mencapai €400 juta atau sekitar Rp 6,5 triliun.

"Paket-paket itu ditinggalkan di laut oleh salah satu kapal kargo yang sering mengunjungi bentangan garis pantai itu, untuk kemudian diambil dan diangkut ke daratan. Paket itu memiliki nilai lebih dari €400 juta di jalanan," kata kepolisian.

Baca Juga: Budidaya Opium di Myanmar Berkembang Pesat Selama Militer Berkuasa

Telah lama diketahui bahwa kelompok mafia adalah dalang di balik impor narkoba ke Sisilia untuk kemudian disalurkan lewat Italia ke berbagai penjuru Eropa.

Polisi juga menyelidiki kemungkinan paket itu mungkin terkait dengan kelompok kejahatan terorganisir 'Ndrangheta yang kaya dan berkuasa.

Meskipun Sisilia adalah rumah bagi mafia Cosa Nostra yang sangat besar, namun kelompok kejahatan terorganisir terkemuka di negara itu adalah 'Ndrangheta.

Berdasarkan jalur distribusinya, kelompok itu memiliki hubungan langsung dengan kartel penghasil kokain di Kolombia dan seluruh Amerika Selatan.




TERBARU

[X]
×