kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akan IPO di bursa AS, produsen kendaraan listrik Li Auto incar dana US$ 950 juta


Minggu, 26 Juli 2020 / 14:10 WIB
Akan IPO di bursa AS, produsen kendaraan listrik Li Auto incar dana US$ 950 juta
ILUSTRASI. The 11 Wall St. door of the New York Stock Exchange (NYSE) is seen in New York City, New York, U.S., June 26, 2020. REUTERS/Brendan McDermid


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Memanasnya tensi hubungan Amerika Serikat dan China disertai kekhawatiran Covid-19 masih mendorong perusahaan asal Tiongkok melantai di bursa saham AS.

Pembuat kendaraan listrik asal Cina Li Auto Inc telah meluncurkan penawaran umum perdana atau Iinitial Public Offering (IPO) hingga US$ 950 juta. Nilai itu menobatkan Li Auto sebagai perusahaan China dengan nilai IPO terbesar di AS sepanjang 2020.

Baca Juga: Ilmuwan China: Trump berhutang permintaan maaf kepada kami

Perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai CHJ Automotive ini menjual 95 juta saham American depositary shares (ADS) pada kisaran indikatif US$ 8 hingga US$ 10 per saham, menurut prospektus terbarunya yang diajukan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS pada hari Jumat (24/7).

Setiap ADS mewakili dua saham Kelas A biasa. Perusahaan ekuitas swasta Hillhouse Capital berencana untuk berinvestasi senilai US$ 300 juta dalam float, kata perusahaan itu dalam pengajuan IPO-nya.

Saingan Li Auto, Xpeng juga berencana untuk go public di New York akhir tahun ini, menurut sumber dengan pengetahuan tentang masalah ini.

Dengan pendanaan IPO senilai US $ 950 juta ini, Li Auto akan melampaui float US $ 510 oleh penyedia layanan cloud Kingsoft Cloud asal China yang telah listing bursa AS terlebih dahulu.

Baca Juga: Jack Ma tersandung masalah hukum di India, ada apa?

Bersamaan dengan IPO, Li Auto juga akan memperoleh dana senilai US $ 380 juta dari penempatan swasta secara bersamaan untuk investor termasuk Meituan Dianping melalui unit berbadan hukum British Virgin Islands, dan ByteDance pemilik TikTok melalui unit Hong Kong.

Li Auto berencana untuk menggunakan sebagian besar hasil yang dihimpun untuk pengeluaran modal, dan penelitian dan pengembangan produk baru. Ini sedang membangun Li satu-satunya kendaraan utilitas listrik jarak jauh di Cina.




TERBARU

[X]
×