kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,28   12,83   1.39%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

American Airlines dan Boeing sepakati kompensasi atas kerugian 737 MAX


Selasa, 07 Januari 2020 / 17:23 WIB
American Airlines dan Boeing sepakati kompensasi atas kerugian 737 MAX
ILUSTRASI. Pesawat Boeing 737 MAX 8 milik American Airlines. REUTERS/Shannon Stapleton TPX IMAGES OF THE DAY


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. American Airlines Group dalam keterangan resminya, Senin (6/1) telah meneken kesepakatan dengan Boeing Co terkait kompensasi yang bakal diterima perusahaan akibat kerugian yang ditimbulkan armada Boeing 737 Max.

Meski tak detil, maskapai penerbangan terbesar di Amerika Serikat ini menjelaskan dana kompensasi bakal diterima dalam beberapa tahun ke depan. Pun senilai US$ 30 juta dari dana tersebut akan digunakan perusahaan untuk program bagi hasil kepada pekerjanya.

Baca Juga: Gara-gara 737 MAX, Boeing berencana tambah utang

Amaerican Airlines juga tak berharap dana kompensasi ini bakal berpengaruh secara material terhadap kinerja keuangannya pada kuartal IV-2019. Sebaliknya, perusahaan bakal melakukan pembicaraan lanjutan dengan Boeing terkait dampak lanjutan setelah Boeing 737 Max dilarang mengudara.

Mengutip Reuters, Selasa (7/1) The Association of Professional Flight Attendants yang merupakan serikat pekerja American Airlines dengan 28.000 kru menyatakan menyambut baik kesepakatan kompensasi ini. Mereka bilang bakal mempelajari lebih lanjut soal detil kesepakatannya.

Boeing 737 Max merupakan armada terlaris dari Boeing yang kini telah dilarang terbang akibat kecelakaan di Indonesia dan Ethiopia beberapa waktu lalu dan menyebabkan 346 orang tewas. Boeing kini juga telah menghentikan produksi seri ini.

Baca Juga: Turkish dapat kompensasi 737 MAX tak bisa terbang, maskapai Indonesia?

Selain American Airlines, sejumlah maskapai penerbangan yang menggunakan Boeing 737 MAX juga dikabarkan telah menyepakati kompensasi serupa dengan Boeing.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×