Reporter: Ruhut Parulian Ambarita. BBC News | Editor: Test Test
LOS ANGELES. Perusahaan internet AOL resmi menjual situs jejaring sosial Bebo kepada sebuah perusahaan investasi, Criterion Capital Partner LLC. Criterion telah mengumumkan pembelian Bebo dari AOL. Sayangnya, mereka tidak mau mengungkapkan nilai transaksi.
Saat membeli Bebo, AOL mesti merogoh kocek sebesar US$ 850 juta. Namun, para pengamat mengisyaratkan nilai penjualan Bebo saat ini hanya sebagian dari harga yang dibayar AOL pada tahun 2008.
Sebenarnya, sejak April lalu AOL telah mempertimbangkan dua pilihan, yakni menutup saja layanan itu atau menjualnya ke pihak lain. Tapi, akhirnya AOL memutuskan untuk menjual Bebo. Menurut AOL, Bebo telah gagal menyaingi jumlah pengunjung situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.
Data ComScore menunjukkan jumlah pengguna Babo sudah menembus angka 5 juta orang. Namun, jumlah pengguna Faceboook telah mencapai 350 juta orang dan Twitter sebanyak 105 juta orang di seluruh dunia.