kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45825,81   2,76   0.34%
  • EMAS948.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.61%
  • RD.CAMPURAN -0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Bank Dunia tolak permintaan bantuan El Salvador untuk implementasi bitcoin


Jumat, 18 Juni 2021 / 06:10 WIB
Bank Dunia tolak permintaan bantuan El Salvador untuk implementasi bitcoin
ILUSTRASI. Bank Dunia mengatakan pihaknya tidak dapat membantu implementasi bitcoin El Salvador karena kelemahan lingkungan dan transparansi. REUTERS/Jose Cabezas

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SAN SALVADOR/NEW YORK. Pada Rabu (17/6/2021), Bank Dunia mengatakan pihaknya tidak dapat membantu implementasi bitcoin El Salvador karena kelemahan lingkungan dan transparansi.

"Kami berkomitmen untuk membantu El Salvador dalam berbagai cara termasuk untuk transparansi mata uang dan proses regulasi," kata juru bicara Bank Dunia melalui email kepada Reuters.

"Sementara pemerintah memang mendekati kami untuk meminta bantuan terkait bitcoin, ini bukan sesuatu yang dapat didukung oleh Bank Dunia mengingat kekurangan lingkungan dan transparansi," tambah juru bicara Bank Dunia.

Sebelumnya pada hari Rabu, Menteri Keuangan Salvador Alejandro Zelaya mengatakan negara Amerika Tengah itu telah meminta bantuan teknis dari Bank Dunia karena berusaha menggunakan bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah secara paralel bersama dolar AS.

Baca Juga: Seberapa menarik Bitcoin jadi alat pembayaran di El Salvador? Ini kata CEO Indodax

Pemerintah El Salvador tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters terkait keputusan Bank Dunia tersebut.

Zelaya juga mengatakan, negosiasi yang sedang berlangsung dengan Dana Moneter Internasional (IMF) telah berhasil, meskipun IMF mengatakan pekan lalu bahwa mereka melihat masalah ekonomi makro, keuangan dan hukum dengan adopsi bitcoin di negara itu.

Baca Juga: El Salvador jadikan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, ini kata IMF

Zelaya mengatakan pada hari Rabu bahwa IMF "tidak menentang" implementasi bitcoin. Sayangnya, IMF tidak menanggapi permintaan komentar dari Reuters.




TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×