kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

BOJ pertahankan pandangan tentang ekonomi regional, tapi makin waspadai perang dagang


Senin, 08 Juli 2019 / 17:53 WIB

BOJ pertahankan pandangan tentang ekonomi regional, tapi makin waspadai perang dagang

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Bank of Japan pada hari Senin ini mempertahankan pandangannya bahwa ekonomi regional tetap berkembang dan menunjukkan pemulihan. Tetapi bank sentral Jepang kembali memperingatkan bahwa lebih banyak perusahaan merasakan kesulitan sebagai dampak perang dagang AS-China.

Dilansir dari Reuters, dalam sebuah laporan triwulanan mengenai regional Jepang, bank sentral mempertahankan penilaian ekonominya untuk sembilan area karena permintaan domestik yang kuat mengimbangi beberapa tanda pelemah terkait ekspor dan output produksi. 


Tetapi BOJ mengakui adanya peningkatan risiko terhadap ekonomi yang bergantung pada ekspor.

BOJ dalam laporannya juga memangkas penilaian pada output pabrik untuk dua wilayah termasuk wilayah barat Jepang yang merupakan rumah bagi raksasa elektronik seperti Panasonic Corp. Hal ini mencerminkan permintaan global yang melambat untuk barang-barang modal dan komponen elektronik.

"Jumlah perusahaan yang hanya sedikit meningkat menunjukkan meningkatnya ketidakpastian atas prospek ekonomi luar negeri dan gesekan perdagangan AS-China," kata BOJ dalam laporan yang dikeluarkan setelah pertemuan para manajer cabang regional bank sentral.

Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda mengatakan ekonomi negara itu diperkirakan akan berkembang secara moderat dan secara bertahap mendorong inflasi menuju target 2% yang dipatok bank sentral.

"BOJ akan membuat penyesuaian kebijakan yang diperlukan untuk mempertahankan momentum ekonomi menuju pencapaian target inflasi," katanya dalam sebuah pidato kepada para manajer cabang regional.

Ekonomi Jepang sendiri tumbuh sebesar 2,1% secara tahunan di kuartal pertama 2019, tetapi banyak analis memperkirakan pertumbuhan akan melambat dalam beberapa bulan mendatang karena perang dagang AS dan China telah mengganggu ekspor negara tersebut. 

Analis juga memperingatkan rencana kebijakan untuk menaikkan pajak penjualan yang dijadwalkan pada bulan Oktober mendatang juga dapat membatasi konsumsi.

 


Sumber : Reuters
Editor: Tendi
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0012 || diagnostic_api_kanan = || diagnostic_web = 0.1741

Close [X]
×