kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Definisi Sukses Menurut Warren Buffett Bukan Kemewahan, Tapi Satu Hal Ini


Selasa, 19 Juli 2022 / 08:11 WIB
Definisi Sukses Menurut Warren Buffett Bukan Kemewahan, Tapi Satu Hal Ini
ILUSTRASI. Warren Buffett mendefinisikan kesuksesan dengan satu kata, yakni cinta, bukan kemewahan. REUTERS/Scott Morgan


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Warren Buffett tidak diragukan lagi merupakan salah satu dari sedikit ikon bisnis yang dapat memberikan petuah kebijaksanaan kepada yang   membutuhkannya.

Melansir CNBC, dalam biografinya tentang Buffett, “The Snowball: Warren Buffett and the Business of Life,” penulis Alice Schroeder menulis saat Warren Buffett memberikan presentasi di The University of Georgia. Para siswa bertanya kepadanya tentang definisi kesuksesan.

"Ketika Anda mendekati akhir hidup Anda, satu-satunya ukuran kesuksesan Anda seharusnya adalah jumlah orang yang ingin Anda cintai, dan benar-benar mencintai Anda," jawabnya.

Dia menambahkan, “Saya mengenal orang-orang yang memiliki banyak uang, dan mereka mendapatkan makan malam testimonial dan mereka mendapatkan sayap rumah sakit yang dinamai menurut nama mereka. Tetapi kenyataannya adalah tidak ada seorang pun di dunia yang mencintai mereka.” 

"Jika Anda mencapai usia saya dalam hidup dan tidak ada yang berpikir baik tentang Anda, saya tidak peduli seberapa besar rekening bank Anda, hidup Anda adalah bencana," jelasnya.

Cinta adalah salah satu emosi paling kuat yang bisa dirasakan manusia, namun, kita masih hidup dalam masyarakat individualistis.

Baca Juga: Warren Buffett: Saat Hujan Emas, Keluarkan Ember, Bukan Bidal

"Masalah dengan cinta adalah cinta itu tidak untuk dijual," kata Warren Buffett kepada para siswa. “Satu-satunya cara untuk mendapatkan cinta adalah menjadi dicintai. Sangat menjengkelkan jika Anda memiliki banyak uang. Anda ingin berpikir bahwa Anda dapat menulis cek: Saya akan membeli cinta senilai satu juta dolar. Tapi itu tidak bekerja seperti itu. Semakin banyak Anda memberikan cinta, semakin banyak yang Anda dapatkan.”

Mengutip Inc.com, ada beberapa cara untuk mencintai dan dicintai. Apa saja?

1. Berpikir dan bertindak tanpa pamrih tanpa mengharapkan imbalan apa pun.

Hukum cinta bersifat timbal balik, tetapi seseorang harus melakukan langkah pertama. Ketika kita memilih untuk mencintai seseorang terlebih dahulu--apakah itu mengangkat rekan kerja dengan dorongan, membantu mengembangkan karyawan di bawah asuhan kepemimpinan Anda, atau menanamkan makna dan tujuan yang mendalam ke dalam peran pekerjaan seseorang, cinta datang kembali dengan kekuatan penuh melalui rasa hormat, kekaguman, kepercayaan, loyalitas, komitmen, dan upaya diskresi.

2. Pilih budaya cinta.

Warren Buffett berkata, "Saya suka setiap hari. Maksud saya, saya menari di sini dan bekerja dengan orang yang saya sukai. Tidak ada pekerjaan di dunia yang lebih menyenangkan daripada menjalankan Berkshire, dan saya menganggap diri saya beruntung berada di tempat saya ini."

Pekerjaan dapat menjadi pekerjaan yang melelahkan, politis, dan penuh dengan kepribadian beracun. Akan tetapi hal itu dapat berbalik karena para pemimpin menunjukkan cinta praktis (dengan hasil) dan budayanya positif dan membangkitkan semangat.

Baca Juga: Tak Disangka! Warren Buffett dan Bill Gates Sangat Berminat pada Pertanian

3. Melakukan "Aturan Platinum".

Kita semua akrab dengan Aturan Emas universal: "Perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan." Tetapi Aturan Platinum membawanya ke tingkat yang benar-benar baru untuk mencintai dengan baik: "Perlakukan orang lain sebagaimana mereka ingin diperlakukan."

Tak perlu dikatakan lagi, ini ada hubungannya dengan kemampuan Anda untuk menunjukkan kecerdasan emosional Anda dan, lebih khusus lagi, empati.

4. Lakukan apa yang Anda sukai.

Ada satu kutipan dari Warren Buffett tentang kesuksesan: "Dalam dunia bisnis, orang-orang yang paling sukses adalah mereka yang melakukan apa yang mereka sukai."

Melakukan apa yang kita cintai adalah penyumbang utama kebahagiaan kita sebagai manusia. Dan, yang lebih penting, mengetahui apa yang Anda sukai harus menjadi prioritas utama. Jika Anda tidak tahu apa yang Anda sukai, maka mencari tahu apa itu seharusnya menjadi langkah pertama Anda.




TERBARU

[X]
×