kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dua Kapal Perang AS Chancellorsville dan Antietam Terlihat di Selat Taiwan, Ada Apa?


Senin, 29 Agustus 2022 / 06:03 WIB
Dua Kapal Perang AS Chancellorsville dan Antietam Terlihat di Selat Taiwan, Ada Apa?
ILUSTRASI. Kapal penjelajah berpeluru kendali kelas Ticonderoga USS Antietam (CG 54), dikerahkan ke area operasi Armada ke-7 AS, melakukan operasi yang sedang berlangsung di Selat Taiwan, 28 Agustus 2022. Angkatan Laut/Handout AS via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Dua kapal perang Amerika Serikat berlayar melalui perairan internasional di Selat Taiwan. Ini merupakanoperasi pertama sejak China menggelar latihan militer yang belum pernah terjadi sebelumnya di jalur air itu bulan lalu.

Melansir Reuters, dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu, Angkatan Laut AS mengatakan transit itu menunjukkan komitmen Amerika Serikat terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Ketegangan di Selat Taiwan melonjak ke level tertinggi dalam beberapa tahun bulan ini setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi Taipei.

China, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri, bereaksi dengan menggelar latihan udara dan laut selama berhari-hari di sekitar pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

Beijing, yang tidak pernah mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya, melihat perjalanan itu sebagai upaya AS untuk ikut campur dalam urusan dalam negeri China.

Baca Juga: Skenario Blokade dan Invasi China ke Taiwan Tak Goyahkan Komitmen AS

Tiga pejabat AS mengatakan kepada kantor berita Reuters dengan syarat anonim bahwa kapal penjelajah Angkatan Laut AS Chancellorsville dan Antietam melakukan operasi tersebut.

Operasi semacam itu biasanya memakan waktu antara delapan dan 12 jam untuk diselesaikan dan diawasi secara ketat oleh militer China.

Kapal perang AS, dan kadang-kadang dari negara-negara sekutu seperti Inggris dan Kanada, secara rutin berlayar melalui Selat dalam beberapa tahun terakhir, yang memicu kemarahan Beijing.

Seminggu setelah kunjungan Pelosi, lima legislator AS lainnya juga mengunjungi Taiwan. Militer China menanggapi hal ini dengan melakukan lebih banyak latihan di dekat Taiwan.

Baca Juga: China Akan Bebaskan Puluhan Utang dari 17 Negara Afrika

Senator Marsha Blackburn, seorang legislator AS di komite Perdagangan dan Angkatan Bersenjata Senat, tiba di Taiwan pada hari Kamis pada kunjungan ketiga oleh seorang pejabat tinggi Amerika bulan ini.

Reuters memberitakan, Pemerintahan Biden telah berusaha untuk menjaga ketegangan antara Washington dan Beijing, yang semakin memanas akibat dari kunjungan-kunjungan itu, agar tidak berkobar menjadi konflik. Pemerintahan Biden menegaskan kembali bahwa perjalanan kongres semacam itu adalah kegiatan rutin.

AS tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan tetapi terikat oleh hukum untuk menyediakan pulau itu sarana untuk mempertahankan diri.

Selat Taiwan yang sempit sering menjadi sumber ketegangan militer sejak pemerintah Republik China yang kalah melarikan diri ke Taiwan pada tahun 1949 setelah kalah perang saudara dengan komunis, dan mendirikan Republik Rakyat China.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×