kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekonomi terdampak corona, The Fed batasi dividen dari perbankan Amerika


Jumat, 26 Juni 2020 / 14:17 WIB
Ekonomi terdampak corona, The Fed batasi dividen dari perbankan Amerika
ILUSTRASI. Ekonomi terdampak corona, The Fed batasi dividen perbankan Amerika. REUTERS/Kevin Lamarque/File Photo


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Permodalan perbankan di Amerika Serikat (AS) mengalami penurunan signifikan akibat perlambatan ekonomi yang disebabkan pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Bank sentral AS segera mengambil langkah untuk menjaga permodalan bank tidak semakin tergerus.

Mengutip Reuters, Jumat (26/6) The Fed telah mengumumkan pada 25 Juni, akan membatasi pembayaran dividen pada bank-bank besar dan menangguhkan pembelian kembali saham paling tidak sampai kuartal IV 2020.

Baca Juga: Telah menandatangani perjanjian, merger NCB Bank dan Samba Bank ada di depan mata

Menurut stress test terhadap pandemi yang dilakukan, The Fed menemukan bahwa bank terbesar di AS berjuang menghadapi penurunan yang belum pernah terjadi sebelum dan program penyelamatan berikutnya. Ini menambah ketidakpastian bagaimana bank dan ekonomi secara keseluruhan akan bekerja dalam beberapa bulan mendatang.

The Fed tidak merinci bagaimana nasib masing-masing bank di bawah analisis tersebut. Namun, bank sentral ini menemukan 34 dari bank yang diuji bisa mengalami kerugian kredit agregat sebesar US$ 700 miliar di bawah pemulihan ekonomi yang paling parah. Itu tampak dengan grafik berbentuk W.

Meskipun bank dapat menghadapi penurunan ekonomi yang parah, kacau dan berkepanjangan akibat pandemi, namun The Fed memastikan beberapa bank akan mendekati persyaratan modal minimum.

Itu sebabnya, The Fed memberikan batasan baru pembagian dividen kepada investor pada kuartal III. Jumlahnya tidak boleh lebih dari dividen kuartal II dan tidak bisa melebihi pendapatan bersih rata-rata selama empat kuartal terakhir.

Baca Juga: Pasukan Irak serang markas milisi yang didukung Iran di Baghdad

The Fed juga melarang pembelian kembali saham untuk paling tidak sampai kuartal ketiga. Bank-bank terbesar telah secara sukarela menunda buyback saham ketika pandemi itu terjadi, tetapi tidak jelas berapa lama itu akan berlangsung.




TERBARU

[X]
×