kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Facebook akan melabeli semua postingan tentang vaksin COVID-19


Senin, 15 Maret 2021 / 15:11 WIB
Facebook akan melabeli semua postingan tentang vaksin COVID-19
ILUSTRASI. Facebook. REUTERS/Johanna Geron/Illustration/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Facebook Inc, yang telah dikritik oleh anggota parlemen dan peneliti karena membiarkan informasi yang salah tentang vaksin menyebar di platformnya, mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya telah mulai menambahkan label ke posting yang membahas keamanan suntikan dan akan segera melabeli semua posting tentang vaksin.

Perusahaan media sosial itu mengatakan dalam sebuah posting blog bahwa mereka juga meluncurkan alat di Amerika Serikat untuk memberi orang informasi tentang di mana mendapatkan vaksin COVID-19 dan menambahkan area informasi COVID-19 ke situs berbagi fotonya, Instagram.

Klaim dan konspirasi palsu tentang vaksin virus corona telah berkembang biak di platform media sosial selama pandemi.

Facebook dan Instagram, yang baru-baru ini memperketat kebijakan mereka setelah lama melakukan pendekatan lepas tangan terhadap informasi yang salah tentang vaksin, tetap menjadi rumah bagi akun, halaman, dan grup besar yang mempromosikan klaim palsu tentang pengambilan gambar dan dapat dengan mudah ditemukan melalui pencarian kata kunci.

Chief Product Officer Facebook Chris Cox mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa perusahaan telah mengambil klaim palsu yang viral "dengan sangat serius" tetapi mengatakan ada "area abu-abu besar orang-orang yang memiliki kekhawatiran ... beberapa di antaranya akan disebut sebagai informasi yang salah dan beberapa di antaranya yang oleh orang lain akan disebut keraguan."

Baca Juga: Melawan! Raksasa teknologi AS beramai-ramai menggugat aturan pajak iklan digital

“Hal terbaik yang dapat dilakukan di wilayah abu-abu yang luas itu adalah menunjukkan informasi otoritatif dengan cara yang membantu, menjadi bagian dari percakapan dan melakukannya dengan pakar kesehatan,” tambahnya.

Perusahaan mengatakan bahwa melabeli postingan Facebook dan Instagram yang membahas keamanan vaksin COVID-19 dengan teks yang mengatakan vaksin tersebut melalui tes keamanan dan efektivitas sebelum disetujui.

Dalam posting blog tersebut, juga dikatakan bahwa sejak memperluas daftar klaim palsu yang dilarang tentang virus corona dan vaksin pada bulan Februari, telah menghapus tambahan 2 juta konten dari Facebook dan Instagram. 

Facebook mengatakan pihaknya juga telah menerapkan tindakan sementara termasuk mengurangi jangkauan konten dari pengguna yang berulang kali membagikan konten yang ditandai palsu oleh pemeriksa fakta.

Selanjutnya: Mengandung ujaran kebencian, Virtual Police peringatkan 89 akun medsos




TERBARU

[X]
×