kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Gara-gara Perancis menang, perusahaan asal China ini rugi Rp 107 miliar


Selasa, 17 Juli 2018 / 10:23 WIB

Gara-gara Perancis menang, perusahaan asal China ini rugi Rp 107 miliar
ILUSTRASI. Tim Prancis juara Piala Dunia 2018

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Keberhasilan Perancis menjuarai Piala Dunia 2018 tak hanya menggembirakan para pendukung tim Ayam Jantan tetapi juga pelanggan peralatan dapur asal China. Sebab, Vatti, perusahaan peralatan dapur itu, berjanji untuk mengembalikan sejumlah uang kepada konsumennya jika Perancis memenangkan Piala Dunia 2018.

Perusahaan yang berbasis di Shanghai itu sejak Senin (16/7) sudah memulai mengembalikan uang pelanggan setelah Perancis mengalahkan Kroasia di babak final.


Manajemen Vatti mengatakan, perusahaan itu mengembalikan sebagian uang pelanggan yang membeli produknya antara 1 Juni hingga 3 Juli. Promosi ini termasuk pembelian berbagai peralatan dapur mulai harga 404 dolar AS (Rp 5,8 juta) hingga 688 dolar AS (Rp 9,8 juta).

Meski Vatti bukan sponsor resmi Piala Dunia 2018, tetapi perusahaan itu memiliki perjanjian sponsor dengan Federasi Sepak Bola Perancis (FFF). Perusahaan ini dikabarkan sudah menjual lebih dari 20.000 set perabotan dapurnya dan kini diperkirakan harus mengembalikan uang pelanggan hingga 50 juta yuan atau sekitar Rp 107 miliar.

Namun, dikhawatirkan Vatti tak bisa memenuhi janjinya karena saham kelompok usaha ini anjlok hingga sepertiganya selama satu bulan terakhir. Selain itu, direktur pemasaran Vatti menghilang tanpa jejak sejak dua pekan lalu sementara distributornya di Beijing dan Tianjing sudah tidak beroperasi. Kepolisian China kini sedang melakukan investigasi kasus tersebut. (Ervan Hardoko)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perancis Juara Dunia, Perusahaan Asal China Merugi Rp 107 Miliar"


Reporter: kompas.com
Editor: Yoyok

Video Pilihan


Close [X]
×