kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Google bawa teknologi modem 5G Samsung ke pasar AS dengan ponsel Pixel baru


Kamis, 26 Agustus 2021 / 10:21 WIB
Google bawa teknologi modem 5G Samsung ke pasar AS dengan ponsel Pixel baru
ILUSTRASI. Google . REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - CALIFORNIA. Google akan menggandeng Samsung Electronics Co Ltd untuk memasok modem 5G untuk ponsel pintar Pixel andalan berikutnya. Ini menjadi kemenangan pertama bagi perusahaan Korea di pasar AS untuk memasok modem 5G yang saat ini didominasi oleh Qualcomm Inc.

Awal bulan ini, Google mengungkapkan mereka telah merancang chip prosesornya sendiri untuk memberi daya pada ponsel Pixel 6 dan Pixel 6 Pro yang baru yang berarti mengakhiri ketergantungan penuhnya pada Qualcomm.

Mengutip Reuters, Samsung akan memproduksi prosesor untuk Google. Dua sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa Samsung juga akan memasok teknologi modem 5G.

Langkah Samsung untuk menyediakan teknologi modem Pixel penting karena perusahaan Korea itu adalah satu dari hanya tiga perusahaan di dunia yang mampu membuat modem 5G yang menghubungkan perangkat ke jaringan data nirkabel. Yang lainnya adalah Qualcomm dan MediaTek Inc. dari Taiwan.

Baca Juga: Masih aktif di Facebook? Fitur telepon & video call bakal kembali ke aplikasi utama

Selama ini,  Qualcomm mendominasi pasar AS karena memiliki keunggulan teknologi dalam varian jaringan 5G yang disebut gelombang milimeter, yang memberikan kecepatan tercepat yang tersedia dengan jaringan baru. Hingga saat ini, semua ponsel pintar yang dirilis di Amerika Serikat termasuk iPhone Apple Inc telah menggunakan chip Qualcomm untuk menyadap jaringan gelombang milimeter.

Samsung bilang teknologi modem barunya memiliki jaringan gelombang milimeter, dan Google mengatakan ponsel barunya akan mendukung jaringan gelombang milimeter seperti versi sebelumnya.

“Memenangkan bisnis Pixel Google memberi Samsung peluang besar pertama untuk memamerkan keterampilan pembuatan chipnya ke industri telepon yang lebih luas, yang telah lama berhati-hati dalam membeli komponen kunci dari saingannya yang sengit,” kata Kevin Krewell, analis utama di TIRIAS Research. 

Qualcomm dalam sebuah pernyataan mengatakan pihaknya mempertahankan keunggulan teknologinya karena teknologi gelombang milimeternya mengandalkan chip lain selain modem. 

"Modem tidak cukup untuk mendukung gelombang milimeter di ponsel," kata Qualcomm.

Selanjutnya: Diduga berbahaya, segera hapus aplikasi cryptocurrency mining palsu ini di HP Android




TERBARU

[X]
×