kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,69   1,09   0.11%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gunung Berapi Meletus di Islandia, Timbulkan Ancaman Bagi Kota Nelayan


Minggu, 14 Januari 2024 / 22:07 WIB
Gunung Berapi Meletus di Islandia, Timbulkan Ancaman Bagi Kota Nelayan
Sebuah gunung berapi memuntahkan lava dan asap saat meletus di Semenanjung Reykjanes, Islandia, 14 Januari 2024. Perlindungan Sipil Islandia/Handout via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Sebuah gunung berapi meletus di barat daya Islandia pada hari Minggu, menimbulkan ancaman langsung terhadap kota nelayan kecil di sekitarnya, meskipun kota tersebut telah dievakuasi sebelumnya dan tidak ada orang yang berada dalam bahaya, demikian disampaikan oleh pihak berwenang.

Video langsung menunjukkan pancuran air dari batuan cair dan asap yang keluar dari celah-celah tanah di area yang sangat dekat dengan kota Grindavik.

“Tidak ada nyawa yang terancam, meskipun infrastruktur mungkin terancam,” kata Presiden Islandia Gudni Johannesson di situs media sosial X, seraya menambahkan bahwa tidak ada gangguan pada penerbangan.

Baca Juga: Ada Gunung Merapi di Planet Venus, Intip Aktivitas Vulkaniknya

Letusan dimulai pada Minggu pagi di utara kota, yang beberapa jam sebelumnya telah dievakuasi untuk kedua kalinya sejak November karena kekhawatiran akan terjadinya wabah di tengah serangkaian aktivitas seismik, kata pihak berwenang.

Pihak berwenang telah membangun penghalang dari tanah dan batu dalam beberapa pekan terakhir untuk mencoba mencegah lava mencapai Grindavik, yang terletak sekitar 40 km (25 mil) barat daya ibu kota Reykjavik, namun letusan terbaru tampaknya telah berhasil menembus pertahanan kota.

“Menurut gambar pertama dari penerbangan pengawasan Penjaga Pantai, celah telah terbuka di kedua sisi pertahanan yang mulai dibangun di utara Grindavík,” kata Kantor Meteorologi Islandia (IMO).

Lava mengalir menuju kota dan mencapai kedalaman sekitar 450 meter (1.500 kaki), kata IMO. Spa panas bumi terdekat, Blue Lagoon, ditutup pada hari Minggu, seperti yang diumumkan di situs webnya.

Baca Juga: Para Ilmuwan Bongkar Rahasia Bagian Terdalam Planet Bumi yang Sangat Panas

Berdasarkan model aliran, diperkirakan bahwa lava akan mencapai Grindavik dalam beberapa jam jika terus mengalir menuju kota, kata juru bicara IMO kepada lembaga penyiaran publik RUV.

“Tentu saja menakutkan melihat betapa dekatnya jarak ini dengan kota,” kata Perdana Menteri Katrin Jakobsdottir kepada harian Morgunbladid.

Hotspot Vulkanik

Ini adalah letusan gunung berapi kedua di semenanjung Reykjanes di barat daya Islandia dalam waktu kurang dari satu bulan, dan merupakan wabah kelima sejak tahun 2021.

Bulan lalu, letusan dimulai di sistem vulkanik Svartsengi pada 18 Desember setelah evakuasi menyeluruh terhadap 4.000 penduduk Grindavik sebulan sebelumnya dan penutupan Blue Lagoon, sebuah tempat wisata populer.

Baca Juga: Indonesia Nomor 1, Ini Daftar 50 Negara Terindah di Dunia 2022 Versi Forbes

Lebih dari 100 warga Grindavik telah kembali dalam beberapa pekan terakhir, sebelum perintah evakuasi baru pada hari Sabtu, menurut pihak berwenang setempat.

Islandia, yang kira-kira seukuran negara bagian Kentucky di AS, memiliki lebih dari 30 gunung berapi aktif, menjadikan pulau di Eropa utara ini sebagai tujuan utama wisata gunung berapi – segmen khusus yang menarik ribuan pencari sensasi.

Pada tahun 2010, awan abu dari letusan gunung berapi Eyafjallajokull di selatan Islandia menyebar ke sebagian besar Eropa, menghentikan sekitar 100.000 penerbangan dan memaksa ratusan warga Islandia mengungsi dari rumah mereka.

Baca Juga: Jumlah Pengungsi Erupsi Lewotobi Bertambah Jadi 6.536 Orang

Berbeda dengan Eyafjallajokull, sistem gunung berapi Reykjanes tidak terperangkap di bawah gletser sehingga diperkirakan tidak akan menimbulkan awan abu serupa.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×