kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.411.000   12.000   0,86%
  • USD/IDR 15.405   50,00   0,32%
  • IDX 7.761   -0,43   -0,01%
  • KOMPAS100 1.175   -2,26   -0,19%
  • LQ45 952   -0,21   -0,02%
  • ISSI 224   -0,88   -0,39%
  • IDX30 485   1,12   0,23%
  • IDXHIDIV20 585   0,27   0,05%
  • IDX80 133   0,07   0,05%
  • IDXV30 137   -0,53   -0,38%
  • IDXQ30 162   0,41   0,25%

Hampir Semua Bank di China Menolak Memproses Pembayaran dari Rusia, Ada Apa?


Kamis, 15 Agustus 2024 / 20:08 WIB
Hampir Semua Bank di China Menolak Memproses Pembayaran dari Rusia, Ada Apa?
ILUSTRASI. Situasi keuangan di Rusia semakin memburuk seiring dengan meningkatnya sanksi yang dijatuhkan oleh negara-negara Barat.. Sputnik/Sergei Savostyanov/Pool via REUTERS 


Sumber: businessinsider.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Situasi keuangan di Rusia semakin memburuk seiring dengan meningkatnya sanksi yang dijatuhkan oleh negara-negara Barat.

Sebuah laporan terbaru mengungkapkan bahwa 98% bank di China, termasuk bank-bank regional yang lebih kecil, kini menolak untuk menerima transfer pembayaran langsung dari Rusia.

Hal ini disampaikan oleh Alexey Razumovsky, Direktur Komersial Impaya Rus, sebuah perusahaan pembayaran yang berbasis di Rusia, kepada media pro-Kremlin, Izvestia.

Penolakan ini semakin mengkhawatirkan, terutama karena pada Mei dan Juni lalu, bank-bank kecil di China masih menerima pembayaran dari Rusia. Namun, situasinya telah berubah drastis dalam tiga minggu terakhir.

Bahkan, pada bulan lalu, media Rusia Kommersant melaporkan bahwa sekitar 80% dari transfer bank yang dilakukan dalam mata uang yuan China ditolak tanpa penjelasan setelah tertahan selama berminggu-minggu.

Baca Juga: Rusia Perintahkan Evakuasi 20.000 Warga Lagi Saat Serangan Ukraina Berlanjut

Implikasi Terhadap Ekonomi Rusia

Penolakan pembayaran oleh bank-bank China ini dapat memperburuk masalah rantai pasokan dan meningkatkan inflasi di Rusia. Razumovsky mengungkapkan bahwa tantangan pembayaran ini berpotensi menciptakan kesulitan dalam pengadaan barang dan jasa yang penting bagi perekonomian Rusia.

Sanksi Barat yang menargetkan sektor keuangan Rusia telah memaksa negara tersebut untuk mencari cara lain dalam melakukan transaksi, seperti menggunakan bank-bank kecil dan mata uang non-dolar AS.

Namun, sejak Desember lalu, pintu untuk berbagai solusi alternatif ini mulai tertutup seiring dengan pemberlakuan sanksi sekunder oleh AS yang ditujukan kepada institusi keuangan yang masih berhubungan dengan Rusia.

Penolakan Pembayaran dalam Rubel

Alexey Poroshin, Direktur Utama perusahaan investasi dan konsultasi First Group, mengungkapkan bahwa beberapa institusi keuangan di China bahkan mulai menolak pembayaran dalam rubel Rusia.

Ini menunjukkan bahwa China juga semakin enggan untuk terlibat dalam bisnis dengan perusahaan-perusahaan Rusia melalui institusi keuangan di Hong Kong, wilayah administratif khusus di bawah China.

Ekaterina Kizevich, CEO Atvira, sebuah perusahaan konsultasi perdagangan luar negeri di Rusia, menyebutkan bahwa perusahaan-perusahaan Rusia masih bisa mengirim yuan ke China melalui cabang-cabang bank Rusia di daratan utama, namun dengan biaya tambahan sebesar 5%.

Meski demikian, banyak perusahaan China tetap menolak pembayaran yang dilakukan melalui cabang-cabang bank Rusia ini, menurut Razumovsky.

Baca Juga: Miliarder Rusia Menuntut Aset yang Dibekukan di Luksemburg

Upaya Rusia untuk Mencari Alternatif

Dalam menghadapi hambatan ini, Rusia berupaya mencari alternatif untuk tetap menjaga kelangsungan perdagangan internasionalnya. Negara tersebut mulai menggunakan negara-negara "ramah" sebagai pihak ketiga untuk melaksanakan transaksi.

Selain itu, Rusia juga bergerak cepat untuk membangun sistem pembayaran alternatif, termasuk menggunakan mata uang kripto untuk memfasilitasi perdagangan.

Bahkan, ada laporan bahwa Rusia dan China berencana untuk menghidupkan kembali praktik perdagangan barter guna mengatasi sanksi Barat yang semakin ketat.

Selanjutnya: 90 Tahun Lifebuoy Dampingi Orang Tua Lindungi Anak dari Kuman Penyakit

Menarik Dibaca: Takut Pakai Retinol? Ini 6 Mitos Tentang Retinol yang Tidak Boleh Anda Percaya




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024) Mudah Menagih Hutang

[X]
×