kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Mentah Kembali Melemah Tertekan Stok Minyak AS dan Penguatan Dolar AS


Kamis, 16 Februari 2023 / 05:57 WIB
Harga Minyak Mentah Kembali Melemah Tertekan Stok Minyak AS dan Penguatan Dolar AS
ILUSTRASI. Harga minyak mentah kompak melemah


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga minyak berjangka bergerak datar menuju penurunan pada hari Rabu karena dolar AS menguat dan investor khawatir bahwa kenaikan suku bunga akan memperlambat ekonomi dan mengurangi permintaan bahan bakar.

Rabu (15/2), harga minyak mentah jenis Brent untuk kontrak pengiriman April 2023 ditutup turun 0,3% ke US$ 85,34 per barel.

Sejalan, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Maret 2023 ditutup turun 0,6% menjadi US$ 78,59 per barel.

Sentimen bagi harga minyak datang karena pasar mendiskontokan kenaikan besar stok minyak mentah Amerika Serikat (AS) karena penyesuaian data dan karena International Energy Agency (IEA)  memperkirakan pertumbuhan permintaan minyak global yang lebih tinggi.

Di sisi lain, indeks dolar AS naik mendekati level tertinggi dalam enam minggu terhadap sekeranjang mata uang karena data penjualan ritel AS yang kuat di bulan lalu dan data inflasi AS baru-baru ini, menunjukkan Federal Reserve (The Fed) akan mempertahankan kebijakan moneter yang ketat.

Baca Juga: Harga Minyak Turun 1% Terseret Proyeksi Lonjakan Stok Minyak Mentah AS

"Harga minyak mentah berada di bawah tekanan karena dolar AS menguat menyusul data ekonomi yang mengesankan yang membuka jalan bagi pengetatan Fed lebih lanjut," kata Edward Moya, analis pasar senior di perusahaan data dan analitik OANDA.

Dolar AS yang lebih kuat dapat memangkas permintaan minyak, membuat minyak mentah lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Pejabat Federal Reserve mengatakan, bank sentral AS perlu mempertahankan kenaikan suku bunga secara bertahap untuk melawan inflasi. Investor khawatir suku bunga yang lebih tinggi dapat memperlambat perekonomian.

Sementara itu, stok minyak mentah AS melonjak 16,3 juta barel di pekan lalu menjadi 471,4 juta barel, tertinggi sejak Juni 2021, kata Energy Information Administration (EIA).

Itu jauh lebih besar dari perkiraan analis peningkatan 1,2 juta barel dalam jajak pendapat Reuters. Tetapi para analis mengatakan penyesuaian pasokan minyak mentah yang luar biasa besar berkontribusi pada pembangunan yang terlalu besar.

"Begitu semua orang menyadari penyesuaian membuang data EIA, skeptisisme tentang bangunan besar (penyimpanan minyak mentah) merayap ke pasar," kata John Kilduff, mitra penasihat investasi Again Capital LLC di New York. "Ini sekali saja."

IEA menaikkan perkiraan pertumbuhan permintaan minyak 2023 dan mengatakan mungkin ada defisit pasokan di paruh kedua karena produksi yang terkendali dari OPEC+, Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan pemasok minyak lainnya termasuk Rusia.

Baca Juga: Wall Street Ditutup Menguat Setelah Data Penjualan Ritel AS yang Kuat

IEA menambahkan, China akan menghasilkan hampir setengah dari pertumbuhan permintaan minyak tahun ini setelah melonggarkan pembatasan COVID-19, dan juga mengatakan sekitar 1 juta barel per hari produksi dari Rusia akan dihentikan pada akhir kuartal pertama, mengutip seorang Eropa. larangan impor lintas laut dan batas harga Kelompok Tujuh (G7).

Kelompok negara kaya G7 termasuk Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat.

Pada hari Selasa, OPEC juga menaikkan proyeksi pertumbuhan permintaan minyak global dan menunjuk ke pasar yang lebih ketat pada tahun 2023.




TERBARU

[X]
×