kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,33   -7,16   -0.78%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hubungan China-Rusia memburuk, Harga Komoditas Bisa Melambung


Senin, 21 Maret 2022 / 14:57 WIB
Hubungan China-Rusia memburuk, Harga Komoditas Bisa Melambung
ILUSTRASI. Ilustrasi batubara di China. REUTERS/Stringer/File Photo ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. CHINA OUT.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Invasi Rusia terhadap Ukraina memperburuk hubungan China dengan negeri beruang merah. Retaknya hubungan kedua negara ini membuat harga komoditas energi, industrial, dan agribisnis semakin mendaki. 

Mengutip Bloomberg Senin (21/3), dalam memacu pertumbuhan ekonomi, China sangat membutuhkan batubara dan gas. Meski memiliki sumber energi dalam negeri, negara ini masih kekurangan dan bergantung pada impor. 

Saat ini, Rusia merupakan pengekspor batubara terbesar kedua ke China setelah Indonesia, sementara ekspor gasnya telah tumbuh pesat sejak pipa Power of Siberia mulai mengalir pada tahun 2019. 

Pengiriman minyak mentah juga meningkat lebih tinggi dalam beberapa tahun terakhir, termasuk minyak pipa, Rusia pemasok kedua ke China pada tahun 2021, hanya di belakang Arab Saudi.

Batubara Rusia telah membantu mengisi kesenjangan yang disebabkan oleh larangan China atas pengiriman Australia sejak akhir 2020, dan gangguan yang lebih baru terhadap kargo dari Mongolia dan Indonesia. 

Baca Juga: Mengintip Kondisi Pasar Obligasi Pasca Kenaikan Suku Bunga The Fed

Tetapi setelah invasi, pembeli China, dan pemberi pinjaman yang membiayai pembelian mereka, sebagian besar telah menghindari pengiriman batubara dan LNG serta minyak mentah Rusia. Keragu-raguan itu mungkin bersifat sementara mengingat titik akhir yang tidak diketahui dari aksi internasional melawan Moskow. 

Tetapi itu juga dapat mencerminkan kekhawatiran perusahaan yang lebih dalam tentang terjeratnya sanksi yang dapat mempengaruhi pengaturan perbankan global, serta ketakutan pemerintah untuk keluar dari pasar yang jauh lebih penting untuk barang-barang China.

"Untuk setiap perusahaan China dengan operasi besar di luar negeri, akses berkelanjutan ke sistem keuangan AS lebih berharga daripada kesepakatan apapun yang dapat dilakukan dengan Rusia, meskipun beberapa perusahaan kecil mungkin bersedia menanggung risiko," kata Capital Economics dalam sebuah catatan pekan lalu. .

Logistik juga menjadi masalah. Beberapa importir batubara China dan penambang Rusia bertemu bulan ini untuk membahas peningkatan volume, tetapi menyebutkan beberapa kendala, termasuk apakah sistem pembayaran lintas batas berbasis yuan China akan dapat digunakan, serta masalah dengan kapasitas transportasi dan kualitas batubara, menurut China Asosiasi Pengangkutan dan Distribusi Batubara.

Yang pasti, China berkomitmen untuk kesuksesan jangka panjang dari proyek energi terbesar Rusia. Pipa gas lain sedang dibahas, dan Wood Mackenzie Ltd. memperkirakan investasi minyak dan gas China di tetangganya itu sebesar US$24 miliar, termasuk saham di proyek Yamal dan LNG Arktik di Rusia.

Tidak mungkin China akan mengikuti perusahaan internasional dan keluar dari aset energi Rusia, kata Neil Beveridge, analis energi senior yang berbasis di Hong Kong di Sanford C. Bernstein. 

Baca Juga: Pemerintah Waspadai Adanya Risiko Global, Suahasil: Bisa Berdampak Ke Ekonomi RI

“China memiliki peluang pertumbuhan besar ini untuk Rusia.”

Naiknya biaya transportasi juga kemungkinan menjadi hambatan bagi Moskow untuk memperluas penjualan biji-bijiannya. Rusia menjual gandum ke lebih banyak dari 100 negara, tetapi China telah menjadi salah satu dari sedikit pasar besar yang harus ditembus. 

Sampai saat ini, pengiriman dibatasi karena sebagian besar gandum Rusia dilarang karena masalah jamur.

Pada bulan Februari, China memberi lampu hijau untuk mengimpor gandum dari seluruh Rusia sebagai bagian dari kesepakatan yang disegel selama kunjungan Vladimir Putin ke Beijing. 

Langkah ini diperkirakan akan menantang penjualan dari negara-negara seperti Prancis, Australia, Kanada, dan AS.

Tetapi meskipun pembatasan telah dicabut, China kemungkinan akan terus mengimpor dari sumber biasanya, kata Darin Friedrichs, salah satu pendiri dan direktur riset pasar Sitonia Consulting di Shanghai.

“Saya tidak berpikir itu layak untuk mengimpor dalam jumlah besar dari sumber baru seperti Rusia. Mereka harus membayar lebih,” katanya.

Untuk beberapa logam, ketergantungan China pada Rusia hanya melemah dalam beberapa tahun terakhir. Indonesia telah muncul sebagai pemasok utama nikel. 
Meskipun pangsa impor tembaga sulingan Rusia telah meningkat, perluasan industri peleburan China berarti bahwa impor bijih langsung dari penambang di tempat-tempat seperti Amerika Selatan menjadi lebih penting.

China sudah membeli sebagian besar ekspor tembaga sulingan Rusia, menurut catatan dari UBS AG minggu ini, yang menunjukkan sisi atas terbatas.

Untuk paladium, yang terutama digunakan untuk mengurangi polusi mobil, ekspor Rusia ke China telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dan secara teoritis dapat meningkat lebih jauh. 

Kendala potensial, menurut UBS, adalah bahwa perusahaan yang terdaftar di Eropa memproduksi sebagian besar catalytic converter yang dijual di China, dan mereka mungkin tidak menginginkan pasokan Rusia.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×