Hujan Lebat Menyebabkan Sedikitnya 8 Orang Tewas di Wilayah Ibu Kota Korea Selatan

Selasa, 09 Agustus 2022 | 17:01 WIB Sumber: Reuters
Hujan Lebat Menyebabkan Sedikitnya 8 Orang Tewas di Wilayah Ibu Kota Korea Selatan

ILUSTRASI. Hujan Lebat Menyebabkan Sedikitnya 8 Orang Tewas di Ibu Kota Korea Selatan. REUTERS/Kim Hong-Ji

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Sedikitnya delapan orang tewas di dalam dan sekitar Seoul semalam, kata pihak berwenang Korea Selatan pada Selasa, setelah hujan deras memadamkan listrik, menyebabkan tanah longsor dan membuat jalan-jalan dan kereta bawah tanah terendam.

Bagian selatan ibu kota nasional menerima lebih dari 100mm (3,9 inci) hujan per jam pada Senin malam, dengan beberapa bagian kota dilanda 141,5mm, curah hujan terberat dalam beberapa dekade, menurut Administrasi Meteorologi Korea (KMA).

Akumulasi curah hujan di Seoul sejak Senin tengah malam mencapai 451mm pada pukul 2 siang. Selasa, dengan lebih banyak perkiraan.

Baca Juga: Curah Hujan Sebulan yang Turun dalam Satu Hari Jadi Penyebab Banjir di Seoul

Presiden Yoon Suk-yeol pada hari Selasa mengunjungi sebuah apartemen semi-basement di mana tiga anggota keluarga meninggal pada malam sebelumnya setelah air banjir yang mengalir deras memenuhi ruangan.

Yoon mengatakan kepada penduduk di daerah itu bahwa dia akan mencoba untuk memastikan kehidupan mereka kembali normal secepat mungkin, dan dia menginstruksikan para pejabat untuk melihat langkah-langkah untuk memastikan keamanan perumahan dengan lebih baik, menurut sebuah pernyataan dari kantornya.

Sedikitnya lima orang tewas di Seoul dan tiga lainnya di provinsi tetangga Gyeonggi pada Selasa pagi, kata Markas Besar Penanggulangan Bencana dan Keselamatan Pusat.

Editor: Handoyo .

Terbaru