kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,23   -14,59   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

India Jadi Pembeli Senjata Rusia Terbesar, US$13 Miliar Dalam 5 Tahun Terakhir


Senin, 13 Februari 2023 / 13:20 WIB
India Jadi Pembeli Senjata Rusia Terbesar, US$13 Miliar Dalam 5 Tahun Terakhir
ILUSTRASI. Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri India Narendra Modi selama?pertemuan di Hyderabad House di New Delhi, India, 6 Desember 2021. REUTERS/Adnan Abidio


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. India masih menjadi pembeli senjata Rusia terbesar di dunia. Dalam lima tahun terakhir, India telah mendatangkan senjata Rusia dengan nilai mencapai US$13 miliar atau sekitar Rp 198 triliun.

Mengutip Reuters, pembelian senjata India menyumbang sekitar 20% dari total pesanan yang diterima Rusia saat ini.

India bahkan dilaporkan telah memesan senjata dan peralatan militer lainnya dari Rusia dengan nilai lebih dari US$10 miliar.

India, China, dan beberapa negara Asia Tenggara memang masih mempertahankan minat mereka untuk membeli senjata Rusia di tengah kecaman atas aksi mereka di Ukraina.

Baca Juga: India Kian Mesra dengan Rusia, Zelensky Telepon Modi

Pejabat kerjasama teknik dan militer Rusia, Dmitry Shugayev, mengatakan India masih menjadi satu mitra utama Rusia di bidang kerja sama militer-teknis meski mendapat banyak tekanan dari Barat.

"Terlepas dari tekanan terhadap India dari negara-negara Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat, India terus menjadi salah satu mitra utama Rusia di bidang kerja sama militer-teknis," kata Shugayev kepada kantor berita Rusia, Interfax.

Menurut laporan Interfax, ekspor senjata tahunan Rusia sekitar US$14-15 miliar, sementara rata-rata pesanan yang diterima stabil di sekitar US$ 50 miliar.

Baca Juga: Rusia Dituding Punya Anggaran Buat Propaganda untuk Benarkan Perangnya di Ukraina

Negara-negara Asia umumnya tertarik dengan sistem pertahanan rudal Triumf S-400, sistem rudal permukaan-ke-udara jarak pendek seperti Osa, Pechora atau Strela, serta pesawat tempur Su-30, helikopter, serta drone MiG-29.

Dilansir dari TASS, Rusia menampilkan sekitar 200 sampel senjata dan peralatan militer pada pameran kedirgantaraan internasional ke-14 Aero India 2023 yang dibuka hari Senin (13/2) di Bengaluru.

Dalam momen ini pesanan baru kemungkinan melonjak, mengingat India sedang mencari pesawat militer baru dengan anggaran miliaran dolar.




TERBARU

[X]
×