kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.429.000   20.000   1,42%
  • USD/IDR 15.405   30,00   0,19%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Ini 2 Saham Murah yang Dibeli Miliarder, Memiliki Potensi Keuntungan Tinggi


Selasa, 27 Agustus 2024 / 21:13 WIB
Ini 2 Saham Murah yang Dibeli Miliarder, Memiliki Potensi Keuntungan Tinggi
ILUSTRASI. Tahun ini, pasar saham global mengalami lonjakan yang signifikan, terutama dipicu oleh dorongan pembelian saham yang didorong oleh teknologi. REUTERS/Paulo Whitaker


Sumber: Yahoo Finance | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahun ini, pasar saham global mengalami lonjakan yang signifikan, terutama dipicu oleh dorongan pembelian saham yang didorong oleh teknologi.

Namun, kenaikan ini tidak merata, karena beberapa merek konsumen terkemuka menghadapi tantangan dalam menjaga tingkat penjualan di tengah kondisi pasar yang sulit.

Saham beberapa merek barang konsumen unggulan saat ini diperdagangkan jauh di bawah nilai tertinggi sebelumnya.

Dalam upaya menemukan saham dengan potensi keuntungan yang tinggi di pasar yang sedang naik, tidak mengherankan jika para fund manager paling sukses membeli saham-saham yang memiliki potensi pemulihan yang signifikan.

Baca Juga: 3 Saham Pilihan Warren Buffett, Penyumbang Portofolio Terbesar Berkshire Hathaway

Bill Ackman dari Pershing Square Holdings dan David Einhorn dari Greenlight Capital adalah contoh dari dua fund manager yang menambahkan saham Nike (NYSE: NKE) dan Peloton Interactive (NASDAQ: PTON) ke dalam portofolio mereka pada kuartal kedua tahun ini. 

Nike: Potensi Pemulihan di Tengah Tantangan Pasar

Bill Ackman, melalui Pershing Square Holdings, telah berhasil memberikan imbal hasil tahunan sebesar lebih dari 15% selama 21 tahun terakhir, jauh melampaui imbal hasil tahunan rata-rata S&P 500 yang hanya sebesar 10%. Kesuksesan firmanya ini telah mendorong kekayaan bersih Ackman hingga mencapai US$9 miliar, menurut Forbes.

Strategi investasi Ackman yang sukses berpusat pada pendekatan investasi nilai tradisional. Firmanya sering kali memiliki portofolio terfokus yang terdiri dari 8 hingga 12 saham perusahaan terkemuka di industri yang mampu menghasilkan keuntungan konsisten.

Ackman biasanya membeli saham baru di sebuah perusahaan ketika perusahaan tersebut sedang mengalami masalah jangka pendek, karena ini sering kali berarti saham tersebut sedang dijual dengan harga diskon.

Nike adalah contoh yang tepat untuk pendekatan ini. Sebagai merek pakaian olahraga terbesar di dunia dengan pendapatan tahunan sebesar US$51 miliar, Nike menghasilkan dua pertiga dari pendapatannya dari penjualan sepatu. Ackman memanfaatkan penurunan saham Nike baru-baru ini untuk mulai membeli saham perusahaan tersebut pada kuartal kedua tahun ini.

Pada tahun fiskal 2024, yang berakhir pada bulan Mei, Nike melaporkan penjualan yang stagnan. Tingginya suku bunga saat ini mengurangi daya beli konsumen, yang berdampak pada banyak perusahaan ritel, namun Nike tetap menjadi bisnis yang sangat menguntungkan.

Perusahaan ini mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 12% tahun lalu menjadi US$5,7 miliar.

Baca Juga: Ini Portofolio Saham Donald Trump dengan Dividen Terbaik

Masalah utama bagi Nike adalah pergeseran fokusnya pada produk-produk gaya hidup yang cenderung mengikuti tren mode, yang pada awalnya mendukung pertumbuhan perusahaan tetapi kini berdampak negatif pada penjualan seiring dengan perubahan preferensi konsumen.

Untuk merespons tantangan ini, Nike melakukan perubahan pada kepemimpinan perusahaan dan meningkatkan investasi pada produk-produk performa tinggi untuk mendorong pertumbuhan lebih lanjut.

Manajemen perusahaan menganggap tahun fiskal 2025 sebagai tahun transisi, dengan proyeksi penurunan pendapatan sebesar satu digit persentase di tengah upaya penyesuaian strategi.

Nike diprediksi akan bangkit kembali. Industri pakaian olahraga diproyeksikan tumbuh dari US$358 miliar pada tahun 2023 menjadi lebih dari US$450 miliar pada tahun 2028, menurut Statista. Hal ini memberikan angin segar bagi merek dominan seperti Nike.

Saat ini, saham Nike turun 53% dari nilai tertinggi sebelumnya dan diperdagangkan dengan valuasi terendah dalam beberapa tahun terakhir. Rasio harga terhadap pendapatan (P/E) sebesar 22 lebih murah dibandingkan rata-rata perusahaan di indeks S&P 500 yang diperdagangkan dengan rasio P/E sebesar 27.

Diskon ini merupakan peluang menarik bagi merek terkemuka yang mampu meningkatkan laba dengan pertumbuhan dua digit tahunan seperti yang telah dilakukan Nike dalam satu dekade terakhir.

Baca Juga: Warren Buffett Telah Membeli Saham Ini Selama 24 Kuartal Berturut-turut

Peloton Interactive: Potensi Bangkit di Tengah Tekanan Pasar

David Einhorn dikenal luas setelah memprediksi runtuhnya Lehman Brothers pada tahun 2008. Hingga tahun 2023, Greenlight Capital telah menghasilkan imbal hasil tahunan sebesar 13%, mengalahkan imbal hasil S&P 500 yang hanya sebesar 9,5% sejak firma ini berdiri pada tahun 1996. Kekayaan bersih Einhorn diperkirakan berada di antara US$1,5 miliar hingga US$2,2 miliar.

Einhorn telah membangun reputasi sebagai investor yang cerdik, yang melakukan riset mendalam terhadap posisi keuangan perusahaan, seperti yang terbukti dari keberhasilan prediksinya atas Lehman Brothers. Ketika firmanya membeli saham sebuah perusahaan yang mengalami penurunan signifikan, ini patut mendapat perhatian.

Greenlight Capital menambahkan posisi baru pada Peloton pada kuartal terakhir. Merek kebugaran ini tidak lagi menjadi bisnis yang berkembang pesat seperti pada puncak pandemi, ketika banyak orang berinvestasi pada peralatan olahraga di rumah untuk tetap aktif.

Pendapatan Peloton dalam 12 bulan terakhir sebesar US$2,7 miliar jauh menurun dibandingkan puncaknya sebesar US$4,1 miliar pada tahun fiskal 2021.

Bisnis ini juga menghadapi kesulitan dalam mencetak laba, dengan kerugian bersih sebesar US$30 juta pada kuartal terakhir, yang menyebabkan sahamnya diperdagangkan jauh di bawah nilai tertinggi sebelumnya.

Namun, ada tanda-tanda positif, yaitu pendapatan Peloton stabil di tengah tahun yang penuh tekanan, di mana konsumen terjepit oleh inflasi dan tingginya suku bunga. Pendapatan kuartalan terbaru Peloton tetap datar dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu.

Einhorn jelas memperhatikan neraca keuangan Peloton, di mana perusahaan ini melakukan refinancing utangnya pada bulan Mei, yang memperpanjang rata-rata jatuh tempo utangnya hingga tahun 2029.

Peloton mengakhiri kuartal dengan total utang sebesar US$1,5 miliar dibandingkan posisi kas sebesar US$697 juta, namun perusahaan telah mengurangi utang tersebut sebesar $200 juta sejauh tahun ini. Refinancing ini memberi Peloton lebih banyak waktu untuk meningkatkan profitabilitas.

Baca Juga: Warren Buffett Baru Saja Membeli Saham Favoritnya Senilai US$345 Juta Lagi

Nilai dari bisnis Peloton berasal dari pelanggan setianya dan model bisnis berbasis langganan. Anggota berlangganan turun 2% dari tahun ke tahun pada kuartal terakhir, namun perusahaan ini masih memiliki hampir 3 juta langganan fitness yang terhubung secara aktif.

Pendapatan berulang dari pelanggan ini seharusnya memungkinkan perusahaan untuk mencetak laba saat manajemen berhasil menyesuaikan inventaris peralatan dengan tingkat permintaan.

Konsisten dengan gaya investasinya, Einhorn kemungkinan tidak akan melakukan investasi jangka panjang pada saham ini, namun jelas bahwa ia melihat harga saham Peloton saat ini diperdagangkan di bawah nilai yang ia perkirakan.

Saham Peloton saat ini diperdagangkan dengan rasio harga terhadap penjualan sebesar 0,6, yang cukup rendah dan dapat memberikan keuntungan signifikan jika Peloton berhasil meningkatkan profitabilitasnya.

Perlu dicatat bahwa harga saham melonjak 39% pada hari ketika perusahaan melaporkan hasil laba kuartal keempat fiskal pada tanggal 22 Agustus, menyoroti nilai dari saham ini. Jika Peloton terus membuat kemajuan dalam memperkuat neraca keuangannya, saham ini dapat terus naik lebih tinggi.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×