kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Daftar Perusahaan China yang Kemungkinan Akan Keluar dari Bursa Saham AS


Senin, 27 Desember 2021 / 15:58 WIB
Ini Daftar Perusahaan China yang Kemungkinan Akan Keluar dari Bursa Saham AS
ILUSTRASI. Wall Street. REUTERS/Carlo Allegri/File Photo


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Perusahaan-perusahaan China yang melantai di bursa AS tampaknya bakal banyak yang akan pulang kampung mengikuti langkah Didi Global Inc.  Belum setahun sejak memulai debutnya di Wall Street, Didi telah memutuskan untuk melakukan delisting dan saat ini sedang merencanakan untuk pindah IPO ke bursa Hong Kong. 

Rencana delisting Didi datang atas desakan pemerintah China Beijing yang menentang IPO perusahaan di New York karena kekhawatiran tentang potensi kebocoran data sensitif kepada pihak berwenang di AS.

Listing di Hong Kong dipandang sebagai alternatif bagi perusahaan yang ingin mempertahankan akses ke investor global  disamping karena lebih cocok untuk pemerintah China. Apalagi proses kesepakatan untuk IPO di Hong Kong dinilai lebih cepat dibanding di China daratan. 

Analis Intelijen Bloomberg Matthew Kanterman dan Tiffany Tam dalam riset menuliskan, dengan ada ancaman peraturan,  perusahaan-perusahaan yang melantai di bursa AS dengan total kapitalisasi pasar hampir mendekati US$ 200 miliar perlu sesegera mungkin untuk kembali ke bursa Hong Kong atau China daratan.

Baca Juga: Prancis Tangkap Pria yang Diduga Terkait dengan Pembuatan Senjata Kimia di Suriah

Sementara Alex Abagian, Co-head Pasar Modal Ekuitas Asia Pasifik di Morgan Stanley mengungkapkan, banyak reksa dana besar sedang dalam proses atau telah mengubah sebagian besar eksposur American Depositary Receipt (ADR) mereka menjadi saham Hong Kong untuk saham perusahaan yang melakukan listing ganda yakni di AS dan Hong Kong. 

"Ini menunjukkan  bahwa sedang terjadi migrasi alami ke Hong Kong saat ini," ujarnya dikutip Bloomberg, Senin (27/12).

Berikut daftar perusahaan yang kemungkinan akan pulang kampung dari AS ke Hong Kong:
1. Pinduoduo
Operator e-niaga ini merupakan perusahaan China terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar yang terdaftar hanya di AS. Didirikan oleh Colin Huang, operator ini telah menjadi salah satu dari sedikit raksasa internet besar yang lolos dari pukulan langsung dari tindakan keras pemerintah China terhadap sektor industri teknologi. 

ADR perusahaan naik ke rekor tertinggi di New York pada Februari, tetapi telah merosot sekitar 70% sejak di tengah aksi jual saham China secara global.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Bergejala di China Naik, Catat Rekor Tertinggi sejak Maret 2020

2. Nio
Produsen kendaraan listrik kemungkinan akan mengikuti rekan-rekan XPeng Inc. dan Li Auto Inc untuk melantai di bursa Hong Kong tahun ini. Bulan ini, Nio meluncurkan sedan keduanya, yang akan bersaing lebih langsung dengan Model 3 paling populer Tesla. ADR-nya turun sekitar 50% dari tertinggi sepanjang masa di Februari.

3. KE Holdings Inc.
Platform perumahan online yang berbasis di Beijing menjadi target dari Muddy Waters Research yang laris bulan ini. KE mengatakan bahwa laporan tersebut tidak berdasar dan telah mengesahkan peninjauan internal atas tuduhan utama Muddy Waters. ADR-nya sudah turun lebih dari 70% dari rekor tertinggi di bulan Februari.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×