kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah kabinet baru Singapura, Lee Hsien Loong belum bisa pastikan soal suksesi


Sabtu, 25 Juli 2020 / 22:23 WIB
Inilah kabinet baru Singapura, Lee Hsien Loong belum bisa pastikan soal suksesi
ILUSTRASI. Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengumumkan Kabinet baru Singapura pada Sabtu (25/7).


Sumber: Channel News Asia | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengumumkan Kabinet baru Singapura pada Sabtu (25/7), 15 hari setelah Partai Aksi Rakyat (PAP) meraih 61,24% suara dalam Pemilihan Umum 2020.

Lee yang kembali menduduki posisi sebagai Perdana Menteri mengatakan, selama kepemimpinannya mendatang, dia menjadikan penanganan pandemi corona (Covid-19) sebagai patokan kinerja yang akan ia wariskan ke penggantinya kelak.

Jangka waktu untuk suksesi akan tergantung pada situasi. "Tidak ada yang bisa mengetahui bagaimana situasi corona akan berkembang atau berapa lama krisis ekonomi akan terjadi," katanya seperti dilaporkan Channel News Asia.

Baca Juga: Hasil pemilu Singapura mengejutkan, rencana suksesi ditunda?

Lee, 68 tahun, sebelumnya menyatakan ingin pensiun sebelum berusia 70 tahun.

Lee menegaskan, masih ada banyak hal yang tidak diketahui tentang bagaimana pandemi akan berkembang dan dampaknya terhadap Singapura.

"Perbatasan tertutup merupakan kendala yang sangat besar untuk pariwisata, untuk bisnis internasional dan Singapura sangat bergantung pada itu," katanya.

"Jadi itu sangat tergantung pada cara krisis terungkap tetapi saya akan melihat melalui krisis dan saya akan menyerahkan Singapura dalam keadaan baik ke tangan-tangan yang baik dari para penerus saya secepat mungkin," imbuhnya.

Pengambilan sumpah untuk kabinet baru Singapura akan berlangsung Senin pekan depan.

Di kabinet baru, Heng Swee Keat tetap di posisinya sebagai Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Singapura. Heng dipromosikan menjadi Wakil Perdana Menteri pada Mei tahun lalu. Dia juga akan ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Kebijakan Ekonomi.

Heng mengatakan dia akan terus mendukung gugus tugas multi-kementerian untak penanganan corona sebagai penasihat.

Dia menambahkan, sebagai Menteri Koordinator Kebijakan Ekonomi, dia akan "menyatukan" semua lembaga ekonomi untuk fokus pada pekerjaan dan transformasi industri Singapura.

"Sebagai penasihat Dewan Pekerjaan Nasional, saya akan mengintegrasikan pekerjaan Dewan Pekerjaan dengan pekerjaan Dewan Ekonomi Masa Depan, untuk memastikan bahwa langkah-langkah dukungan kami ditargetkan dan memenuhi kebutuhan perusahaan dan pekerja," kata Heng.

Anggota kabinet lain adalah Teo Chee Hean yang tetap menjabat Menteri Senior dan Menteri Koordinator Keamanan Nasional Singapura. Tharman Shanmugaratnam juga tetap sebagai Menteri Senior dan Menteri Koordinator untuk Kebijakan Sosial.

Baca Juga: Hasil pemilu mengejutkan partai berkuasa Singapura, oposisi raih 10 kursi parlemen




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×