kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Iran meluncurkan aplikasi perjodohan saat tingkat kesuburan turun


Rabu, 21 Juli 2021 / 10:17 WIB
Iran meluncurkan aplikasi perjodohan saat tingkat kesuburan turun


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - DUBAI. Menghadapi penurunan tingkat kesuburan, Iran meluncurkan aplikasi perjodohan yang disetujui negara untuk mempromosikan pernikahan di negara Islam yang membatasi kontak antara pria dan wanita yang tidak berhubungan.

Mengutip Reuters, para pejabat setempat mengaku prihatin karena populasi Iran menjadi salah satu yang tertua di dunia dalam dua dekade ini. Selama empat tahun terakhir, tingkat kesuburan di antara wanita Iran turun 25% yang berarti sekitar 1,7 anak per wanita.

Aplikas bernama Hamdam (Companion), yang dikembangkan oleh badan budaya Islam yang berafiliasi dengan negara, mengharuskan pengguna untuk memverifikasi identitas mereka dan melakukan tes kompatibilitas psikologis dan memberikan saran bagi para lajang muda yang mencari pasangan nikah.

Aplikasi ini menawarkan layanan pencocokan dan konseling untuk calon pasangan dan keluarga mereka, dan tetap berhubungan dengan mereka selama empat tahun setelah menikah. 

Baca Juga: Sengaja ingin ganggu AS, militer Iran kirim kapal perang ke Atlantik

Sebelumnya, Iran juga sudah mulai mengubah kebijakan keluarga berencana satu dekade lalu, membuat kontrasepsi, yang selama ini tersedia gratis, secara bertahap semakin sulit didapat.

Pada tahun 2014, Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei mengeluarkan dekrit yang mengatakan bahwa meningkatkan populasi akan "memperkuat identitas nasional" dan melawan "aspek yang tidak diinginkan dari gaya hidup Barat".

Parlemen Iran telah meloloskan ketentuan untuk memberikan insentif keuangan untuk melahirkan dan pernikahan, termasuk pinjaman dan pemberian kepada pasangan muda yang menikah dengan beberapa anak.

Baca Juga: Aplikasi kencan AS menampilkan status vaksin, pengguna jadi lebih cepat dapat kencan




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×