kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45911,32   -12,18   -1.32%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

JSW Steel ramaikan bursa penawaran atas pabrik ArcelorMittal, Galati


Jumat, 22 Juni 2018 / 11:50 WIB
JSW Steel ramaikan bursa penawaran atas pabrik ArcelorMittal, Galati


Reporter: Agung Jatmiko | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - MUMBAI. Produsen baja terbesar India, JSW Steel diperkirakan akan mengajukan penawaran untuk membeli pabrik Galati ArcelorMittal di Rumania. Langkah JSW ini semakin meramaikan bursa penawaran atas Galati, dengan ketertarikan sedikitnya dua perusahaan baja besar, yakni Metinvest Ukraina dan Marcegaglia Italia.

Mengutip Reuters, Kamis (21/6), ArcelorMittal, pembuat baja terbesar di dunia, harus menempatkan enam aset Eropa untuk dijual guna mendapatkan persetujuan dari otoritas persaingan Eropa untuk pembelian pabrik raksasa Ilva Italia.

Analis di bank investasi Jefferies memperkirakan nilai gabungan dari aset untuk dijual adalah sebesar US$ 752 juta hingga US$ 940 juta. Pabrik Galati, yang merupakan pabrik baja terbesar di Rumania adalah yang terbesar dari aset tersebut.

Bank of America-Merrill Lynch menangani penjualan, yang bertujuan untuk selesai pada akhir 2018.

Menurut Komisi Eropa, ArcelorMittal telah setuju untuk memberikan jumlah pembiayaan yang dirahasiakan kepada pembeli Galati untuk memastikan bahwa output bajanya tumbuh dan pabrik tetap layak dan kompetitif.

Galati memiliki kapasitas pembuatan baja mentah sebesar 3,4 juta ton per tahun dan kapasitas pengerolan sebesar 6,2 juta ton. Angka yang setara untuk Ostrava, pabrik terbesar berikutnya untuk dijual, masing-masing 3,4 juta ton dan 3,9 juta ton.

Sementara, empat aset lainnya yang dijual tidak memiliki kapasitas pemrosesan baja mentah, namun total produksi gabungan keempatnya mencapai 7,4 juta ton per tahun.

Galati dibeli oleh bekas milik ArcelorMittal sebesar 70 juta euro pada 2001 dan menghasilkan laba sebesar US$ 6 juta untuk pertama kalinya pada tahun 2016. Jefferies juga mengatakan, para investor agak khawatir dengan penarikan yang harus dilakukan ArcelorMittal untuk membeli Ilva, mengingat kapasitas minyak mentah gabungan dari pabrik yang dijualnya kurang lebih sama dengan produksi tahunan Ilva yang mencapai hampir 7 juta ton.

ArcelorMittal menawar 1,8 miliar euro atau setara dengan US$ 2,08 miliar untuk Ilva dan berjanji akan menginvestasikan 2,4 miliar euro untuk membersihkan pabrik lain yang telah dirusak oleh tuduhan korupsi dan kejahatan lingkungan selama bertahun-tahun. ArcelorMittal menargetkan untuk menyelesaikan pembelian Ilva pada akhir Juni.

Sebagai bagian dari rencana ekspansi luar negerinya, JSW pada bulan Mei setuju untuk membayar 55 juta euro untuk pabrik Aferpi di Piombino, Italia, yang memiliki kapasitas tahunan 2,5 juta ton dan dibeli oleh Cevital Aljazair pada tahun 2014.

Di India, JSW telah mengajukan tawaran untuk pabrik baja yang bangkrut, yakni Bhushan Steel, Essar Steel, Monnet Ispat, dan sejauh ini mendapat persetujuan untuk rencana resolusi utang untuk Monnet Ispat. Tahun lalu JSW mengalokasikan US$ 1 miliar dolar untuk akuisisi dan ekspansi.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×