kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kabur dari Rumania, mencari kesuksesan di Amerika (2)


Kamis, 28 Maret 2019 / 09:10 WIB
Kabur dari Rumania, mencari kesuksesan di Amerika (2)

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tri Adi

Kabur dari Rumania menuju ke Amerika Serikat menjadi perjalanan yang bisa mengubah hidup Anastasia Soare. Di negeri Paman Sam, Soare awalnya cuma bekerja di sebuah salon. Namun tekadnya berbisnis pun terwujud dengan keahliannya menyulam alis. Artis terkenal pun menjadi langganan Anastasia Beverly Hills. Kini Soare menjadi salah satu miliader dengan total kekayaannya mencapai US$ 1 miliar atau setara Rp 14,5 triliun dari data Forbes.

Kesuksesan Anastasia Soare membangun bisnisnya tidaklah mudah. Memberanikan diri keluar dari negara asalnya Rumania menjadikan pemilik perusahaan kosmetik Anastasia Beverly Hills ini menjadikan Soare sebagai salah satu miliarder.

Total kekayaan mencapai US$ 1 miliar atau setara Rp 14,5 triliun, menurut data Forbes. Anastasia Beverly Hills, yang bernilai US$ 3 miliar pada tahun 2018 dengan pendapatan operasional mencapai US$ 200 juta per tahun.

Perjalanan bisnis Soare memang dimulai dengan melarikan diri dari negara asalnya, Rumania agar bisa mengembangkan usahanya. Sebab, negara Rumania menganut sistem komunis yang justru membuat Soare sulit menjadi pengusaha pada waktu itu.

"Ketika saya tumbuh dewasa di Rumania, sangat tidak mungkin untuk melakukan apa pun, terutama sebagai seorang perempuan. Dalam rezim komunisme, tidak ada jiwa kewirausahaan, mereka akan membunuh ide, bahkan sebelum Anda mulai memikirkannya," ujar Soare.

Dalam cuaca dingin, dia bersama suaminya, seorang kapten kapal kabur ke negara lain pada tahun 1986. Kapal berlabuh ke Italia, dan enam bulan kemudian dilanjutkan ke Amerika Serikat (AS). Mereka mendatangi kedutaan AS untuk meminta suaka. Tidak sampai tiga tahun, pada tahun 1989, Soare dan putrinya, Claudia Soare diizinkan meninggalkan Rumania dan menetap di Amerika.



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×