kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kalah dari Facebook, Kasahara mendirikan layanan kencan online (3)


Jumat, 01 Februari 2019 / 09:25 WIB
Kalah dari Facebook, Kasahara mendirikan layanan kencan online (3)


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tri Adi

Pasca-melantai bursa, Kenji Kasahara harus merasakan penurunan pendapatan iklan terendah. Tak mau menyerah, Kasahara melirik bisnis lain, yakni kencan online. Fenomena kelahiran anak dan pernikahan yang rendah di Jepang menjadikan alasan Kasahara membangun bisnis ini. Walau ditentang publik Jepang, Kasahara membeli perusahaan lain yang bergerak di bidang kencan online. Hasilnya, Kasahara berhasil menyelamatkan bisnisnya dari tekanan Facebook.

Kenji Kasahara tercatat menjadi orang ke-37 terkaya di Jepang dengan kekayaan mencapai US$ 1 miliar di awal tahun 2019 ini. Untuk menggapai kesuksesan itu bukanlah persoalan yang mudah,

Awal membangun media sosial Mixi tahun 2004, warga Jepang memang menjadikan karya Kasahara ini sebagai pilihan utama. Tak heran, Kasahara pada September 2006 memberanikan diri melantai di bursa efek Tokyo Stock Exchange dan pada akhir 2017 mendapatkan dana segar dari investor lebih dari US$ 3 miliar. Kasahara menjabat sebagai Direktur Eksekutif sekaligus pendiri Mixi.

Namun perjalanan bisnisnya tidak mulus. Mixi Inc harus melewati masa-masa sulit menghadapi bisnis yang kian stagnan. Mixi mendapatkan persaingan ketat Facebook, Twitter, Gree dan Line, hingga menutupi popularitasnya di ranah bisnis layanan jejaring sosial.

Di tahun 2012, Facebook resmi menyalip Mixi. Setelah Facebook memimpin, Mixi tidak pernah mendapatkan kembali posisi teratas. Satu tahun kemudian, perusahaan besutan Kenji Kasahara mulai merasakan kesulitan iklan. Mixi mencatatkan penurunan penjualan iklan terendah sepanjang perusahaan ini tercatat di bursa efek Jepang.

Dengan kondisi tersebut, Kasahara jelas merasakan adanya urgensi untuk menghidupkan kembali Mixi atau menemukan bisnis besar lainnya. Ia pun mulai membesut penyediaan layanan kencan dan pernikahan online. The Japan Times pada Oktober 2013, menyebut langkah Kasahara sebagai bentuk keputusasaan demi mendapatkan kembali kejayaan di tengah tantangan perubahan zaman.

Kasahara melihat fenomena menarik bahwa kehadiran situs tersebut bisa menjadi solusi akan rendahnya tingkat kelahiran anak dan pernikahan di Jepang. Maka Desember 2013, perusahaan memutuskan membeli divisi bisnis yang mendukung layanan pernikahan online dari Line.

Unit bisnis baru tersebut bernama Diverse, dan menjadi bagian anak perusahaan yang dimiliki 100% oleh Mixi. Melalui unit bisnis ini, Mixi kemudian mengakusisi layanan perjodohan dan perkawinan, Youbride milik Line. Layanan tersebut telah memiliki banyak jumlah pengguna, yaitu sebanyak 720 ribu pengguna.

Sementara, pada Oktober 2013, Mixi juga mengakuisisi perusahaan lain, kali ini dari perusahaan machinko bernama Cofianza. Machinko adalah slogan baru yang merujuk pada acara kencan bagi penduduk lokal Jepang yang melibatkan ratusan orang lajang. Nantinya, bar dan restoran menjadi lokasi pertemuan acak antara pria dan wanita lajang di Jepang.

Mixi menekankan bahwa dua perusahaan barunya tidak akan terikat dengan jejaring sosial Mixi. Pengembangan bisnis kencan dan perjodohan tersebut, menjadi langkah awal bagi Mixi memperbaiki bisnis perusahaan ketika bisnis utamanya mulai meredup.

Di Jepang, kencan online selalu dikritik. Banyak menentang bisnis Kasahara ini. Karena sikap negatif terhadap kencan online ini, perpindahan Mixi mungkin tampak berisiko. Namun, tingkat perkawinan dan kelahiran yang rendah di negara itu mencapai tingkat kritis.

Media dan masyarakat umum lebih sering meratapi bahwa kaum muda tidak tertarik berkencan atau menikah. Jika Mixi dapat memanfaatkan akuisisi ini dan mengubah sikap anti-kencan masyarakat, itu mungkin tidak hanya menyelamatkan dirinya sendiri tetapi juga berkontribusi pada masa depan bangsa. Maka, ia berhasil membangun bisnis kencan online ini. Dan menyelamatkan bisnis Mixi yang disalip oleh Facebook.

(Bersambung)




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×