Kapal Pengangkut Ribuan Mobil Mewah Terbakar dan Hanyut di Perairan Portugal

Jumat, 18 Februari 2022 | 14:01 WIB Sumber: New York Times
Kapal Pengangkut Ribuan Mobil Mewah Terbakar dan Hanyut di Perairan Portugal

ILUSTRASI. Mobil listrik Porsche Taycan.


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Sebuah kapal kargo raksasa yang mengangkut ribuan mobil mewah terbakar dan hanyut di lepas pantai Azores, Portugal, pada Kamis (17/2). Beruntung, 22 awaknya berhasil diselamatkan.

Dilansir dari New York Times, kebakaran mulai berkobar pada Rabu (16/2) pagi di salah satu ruang kapal. Kapal kargo bernama Felicity Ace berangkat dari Emden, Jerman, pada 10 Februari dan dijadwalkan ] tiba di Rhode Island, AS, pada Rabu.

Lokasi terbakarnya kapal berjarak sekitar 320 kilometer dari Pulau Terceira di Azores, Portugal. Pasukan penyelamat Portugal langsung bergerak ke titik tersebut pada Rabu.

Belum jelas, berapa banyak barang angkutan yang hilang dari kapal kargo dengan panjang 200 meter dan berat 60.000 ton tersebut. Pihak berwenang juga belum menyampaikan, bagaimana bangkai kapal tersebut akan ditangani.

Baca Juga: Setelah 12 Tahun Angkat Kaki, Hyundai Siap Kembali ke Jepang dengan Mobil Listrik

Mengangkut ribuan mobil mewah

Situs otomotif The Drive melaporkan, Volkswagen Group memperkirakan hampir 4.000 unit mobil ada di dalam kapal tersebut. Termasuk di antaranya adalah 189 unit mobil keluaran Bentley.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Porsche Cars Amerika Utara mengatakan, 1.100 mobil milik mereka ada di dalamnya, tetapi nasib kendaraan mereka masih belum jelas.

Salah satu pemilik mobil Porsche yang diangkut adalah Matt Farah, penggemar mobil dan editor media otomotif The Smoking Tire. Farah mengaku mobil Porsche Boxster Spyder keluaran 2022 miliknya ada di dalam kapal Felicity Ace.

Baca Juga: Chip Masih Langka, Toyota Pangkas Target Produksi hingga 500.000 Unit

Mobil yang dipesan Farah sudah dimodifikasi sesuai permintaannya dan telah dikerjakan sejak Agustus tahun lalu. Harga retailnya di pasaran sekitar US$ 123.000, atau setara Rp 1,76 miliar.

"Mobil sport terbaik sepanjang masa. Saya baru saja mendapat telepon dari dealer saya. Mobil saya sekarang terombang-ambing, mungkin terbakar, di tengah laut," ungkap Farah, seperti dikutip New York Times.

Keberadaan mobil Farah di kapal tersebut juga telah dikonfirmasi oleh perwakilan Porsche pada Kamis malam.

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru