kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Karl Wlaschek: Mengoleksi beragam penghargaan (4)


Jumat, 13 Maret 2015 / 15:16 WIB
Karl Wlaschek: Mengoleksi beragam penghargaan (4)
ILUSTRASI. Manfaat buah belimbing untuk kesehatan.


Reporter: Dea Chadiza Syafina | Editor: Tri Adi

Mengalami penderitaan pada Perang Dunia Kedua membuat Karl Wlaschek mendedikasikan hidupnya kepada masyarakat. Sejumlah penghargaan diperoleh oleh Wlaschek dari pemerintah kota Wina dan Pemerintah Austria. Penghargaan perdana yang diperoleh oleh Wlaschek adalah Medal of Honor di tahun 1989. Di bidang sosial kemanusiaan, Wlaschek juga mendapatkan Medali Emas Kehormatan karena telah menyumbangkan robot bedah kepada Rumah Sakit Umum Wina.

Menjadi kaya dan meraih banyak kesuksesan tak menjadikan Karl Wlaschek gelap mata. Belajar dari pengalamannya ketika Perang Dunia Kedua, Wlaschek banyak mengabdikan hidupnya kepada masyarakat. Makanya, Wlaschek menerima berbagai penghargaan yang diberikan oleh pemerintah kota Wina ataupun Pemerintah Austria. Sudah tak terhitung berapa banyak penghargaan yang diperoleh oleh Wlaschek setelah banting setir dari pengusaha ritel menjadi pengusaha real estate.

Karl Wlaschek pertama kali memperoleh penghargaan dari Pemerintah Austria pada tahun 1989. Pendiri supermarket Billa ini mengantongi Medal of Honor, medali emas untuk layanan kota Wina.  Medali kota Wina yang digelar sejak 1949 lalu merupakan salah satu penghargaan penting yang dikeluarkan oleh Pemerintah Austria.

Empat tahun berselang, yakni di tahun 1993, Wlaschek kembali memperoleh penghargaan keduanya. Wlaschek yang saat itu masih suami Karin Gschwendtner mendapatkan penghargaan emas di kategori layanan untuk Republik Austria.

Kepemilikan Wlaschek terhadap bangunan bersejarah membuatnya menerima Medali Emas Kehormatan ibukota Austria, Wina pada tahun 2004. Medali dengan diameter 80 mm ini bergambar lambang kota Wina di salah satu sisinya, kemudian pada sisi lainnya adalah gambar balai kota dengan tulisan "Untuk layanan yang luar biasa ke Wina," dalam karangan bunga Laurel.

Asal tahu saja, penghargaan ini diberikan oleh kota Wina demi menghormati orang-orang yang telah membentuk kehidupan dan badan kota dengan aktivitas yang signifikan di kawasan budaya, ilmiah atau ekonomi. Ring of Honor diberikan sejak 8 Februari 1949 dalam rangka menghormati hak-hak sipil.

Masih di tahun yang sama, Wlaschek menerima penghargaan Medali Emas Dekorasi Tanah Salzburg. Ini adalah penghargaan multi yang diberikan oleh negara bagian Salzburg. Medali yang diberikan berupa cincin Salzburg sebagai salah satu penghargaan tertinggi di provinsi ini. Dasar untuk penghargaan dari Medal of Honour of Salzburg adalah Salzburg Decoration Act, yang telah ditetapkan pada 7 Februari 2001 melalui Undang-Undang Kehormatan Provinsi Salzburg.

Lalu, Walikota Wina Michael Haupl juga memberikan apresiasi kepada Wlaschek berupa Medali Emas Kehormatan Wina di bidang sosial manusia. Anugerah itu diberikan atas sumbangan robot bedah, Da Vinci oleh yayasan Wlaschek kepada Departemen Bedah, Rumah Sakit Umum Wina.

"Komitmen pribadi Karl Wlaschek tidak hanya perawatan medis di Rumah Sakit Umum Wina. Ia juga telah kembali memimpin rumah sakit di Austria. Ia juga menjaga reputasi internasional Vienna Medical School serta bagian penting lain," kata  dr. Pitter, pimpinan Rumah Sakit Umum Wina.

Tak berhenti di situ, Di tahun 2009, Wlaschek juga menerima Medali Perak Besar dengan bintang atas jasanya melayani Republik Austria. Pemberian penghargaan ini adalah upacara kenegaraan paling penting, yang diberikan di Austria.

Tak hanya dermawan memberi materi, Wlaschek juga tak pelit berbagi ilmu. Pada tahun 2005, Wlaschek menulis sebuah biografi yang ditulis oleh mantan Rektor Universitas Salzburg, Adolf Haslinger.

Lewat buku biografi tersebut, Wlaschek bercerita jujur tentang kisah kehidupannya. Buku yang berjudul Wlaschek: Kisah Sukses, tak hanya mengisahkan transformasi Wlaschek dari pengamen kafe menjadi miliarder dunia, melainkan juga beberapa cerita sejarah.                              

(Selesai)




TERBARU

[X]
×