Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR15.205
  • SUN90,77 -0,26%
  • EMAS623.158 -0,48%

Keunikan produk menjadi kekuatan bisnis (3)

Jumat, 20 April 2018 / 17:10 WIB

Keunikan produk menjadi kekuatan bisnis (3)
ILUSTRASI. FENOMENA - Niraj Shah



KONTAN.CO.ID -  Jeli mencari ceruk pasar yang belum banyak digarap oleh peritel tradisional membuat bisnis toko online Wayfair berkembang cukup pesat. Niraj Shah menawarkan produk-produk furnitur yang unik dan tidak banyak dijual di toko lainnya. Apalagi setelah mencatatkan perusahaan di bursa saham New York, bisnis Wayfair kian berkibar. Pendapatan perusahaan ini terus bertambah. Meski begitu, persaingan yang ketat dengan peritel online lain jadi tantangan ke depan.

Niraj Shah meluncurkan situs toko online Wayfair.com pada 1 September 2011 dengan mengonsolidasikan semua situs ke Wayfair.com, kecuali Joss & Main dan AllModern. Shah tetap terus berekspansi melebarkan layanan seperti meluncurkan Wayfair Supply yang khusus untuk melayani pelanggan institusi.

Langkah ekspansi makin lebar setelah Wayfair mendapatkan suntikan pendanaan sebesar US$165 juta dari Battery Ventures, Great Hill Partners, HarbourVest Partners dan Spark Capital. Pada Agustus 2013, Wayfair mengakuisisi DwellStudio, sebuah rumah desain dan peritel yang berbasis di New York City. Toko online ini berfokus pada perabotan rumah dan keluarga modern.

Seiring dengan bisnisnya yang kian berkembang, Shah menunjuk ayahnya masuk ke perusahaan sebagai konsultan keuangan. Pada Oktober 2014, Wayfair berhasil mengumpulkan dana lebih dari US$ 300 juta melalui initial public offering (IPO) di Bursa Efek New York.

Ini membuat bisnis Wayfair terus bersinar. Pada Januari 2014, Wayfair telah menjelma menjadi pengecer online terbesar untuk perabotan rumah di Amerika Serikat (AS) dan pengecer online terbesar ke-33 di AS. Perusahaan ini menghasilkan US$ 380 juta dalam pendapatan pada tahun 2010, lebih dari US$ 500 juta pada tahun 2011 dan lebih dari US$$ 600 juta pada tahun 2012.

Pendapatan Wayfair terus bertambah di tahun-tahun berikutnya. Terakhir pada tahun lalu Wayfair berhasil mencetak pendapatan hingga US$ 4,7 miliar. Pada 2017 lalu, jumlah pelanggan Wayfair mencapai lebih dari 8 juta orang dengan lebih dari 10.000 pemasok dan 10.000 produk yang dijual.


NIRAJ SHAH

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0011 || diagnostic_api_kanan = 0.2050 || diagnostic_web = 0.9823

Close [X]
×