kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Keunikan produk menjadi kekuatan bisnis (3)


Jumat, 20 April 2018 / 17:10 WIB
Keunikan produk menjadi kekuatan bisnis (3)
ILUSTRASI. FENOMENA - Niraj Shah


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID -  Jeli mencari ceruk pasar yang belum banyak digarap oleh peritel tradisional membuat bisnis toko online Wayfair berkembang cukup pesat. Niraj Shah menawarkan produk-produk furnitur yang unik dan tidak banyak dijual di toko lainnya. Apalagi setelah mencatatkan perusahaan di bursa saham New York, bisnis Wayfair kian berkibar. Pendapatan perusahaan ini terus bertambah. Meski begitu, persaingan yang ketat dengan peritel online lain jadi tantangan ke depan.

Niraj Shah meluncurkan situs toko online Wayfair.com pada 1 September 2011 dengan mengonsolidasikan semua situs ke Wayfair.com, kecuali Joss & Main dan AllModern. Shah tetap terus berekspansi melebarkan layanan seperti meluncurkan Wayfair Supply yang khusus untuk melayani pelanggan institusi.

Langkah ekspansi makin lebar setelah Wayfair mendapatkan suntikan pendanaan sebesar US$165 juta dari Battery Ventures, Great Hill Partners, HarbourVest Partners dan Spark Capital. Pada Agustus 2013, Wayfair mengakuisisi DwellStudio, sebuah rumah desain dan peritel yang berbasis di New York City. Toko online ini berfokus pada perabotan rumah dan keluarga modern.

Seiring dengan bisnisnya yang kian berkembang, Shah menunjuk ayahnya masuk ke perusahaan sebagai konsultan keuangan. Pada Oktober 2014, Wayfair berhasil mengumpulkan dana lebih dari US$ 300 juta melalui initial public offering (IPO) di Bursa Efek New York.

Ini membuat bisnis Wayfair terus bersinar. Pada Januari 2014, Wayfair telah menjelma menjadi pengecer online terbesar untuk perabotan rumah di Amerika Serikat (AS) dan pengecer online terbesar ke-33 di AS. Perusahaan ini menghasilkan US$ 380 juta dalam pendapatan pada tahun 2010, lebih dari US$ 500 juta pada tahun 2011 dan lebih dari US$$ 600 juta pada tahun 2012.

Pendapatan Wayfair terus bertambah di tahun-tahun berikutnya. Terakhir pada tahun lalu Wayfair berhasil mencetak pendapatan hingga US$ 4,7 miliar. Pada 2017 lalu, jumlah pelanggan Wayfair mencapai lebih dari 8 juta orang dengan lebih dari 10.000 pemasok dan 10.000 produk yang dijual.




TERBARU

[X]
×