kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Khawatir soal senjata nuklir Korea Utara, Korea Selatan minta bantuan Joe Biden


Rabu, 11 November 2020 / 14:46 WIB
Khawatir soal senjata nuklir Korea Utara, Korea Selatan minta bantuan Joe Biden
ILUSTRASI. Rudal Korut. KCNA via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. REUTERS IS UNABLE TO INDEPENDENTLY VERIFY THIS IMAGE. NO THIRD PARTY SALES. SOUTH KOREA OUT. NO COMMERCIAL OR EDITORIAL SALES IN SOUTH KOREA. TPX IMAGES OF THE DAY


Sumber: Reuters | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Menteri luar negeri Korea Selatan mengatakan pada hari Selasa bahwa dia telah menyampaikan perlunya pemerintahan Presiden terpilih AS Joe Biden untuk memberikan perhatian untuk menggelar pertemuan tingkat tinggi.

Hal ini untuk membuka kembali pembicaraan denuklirisasi dengan Korea Utara selama pertemuan di Amerika Serikat pada minggu ini.

Menteri Luar Negeri Korsel Kang Kyung-wha bertemu dengan sejumlah sekutu Biden di Washington, termasuk Senator Demokrat Chris Coons dan Chris Murphy dan John Allen, kepala think tank Brookings Institution setelah tiba di Amerika untuk melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

Baca Juga: Kecemasan Perang Dunia 3: Korut akan uji coba nuklir saat pelantikan Joe Biden

Kang mengatakan dia menyampaikan komitmen pemerintah Korea Selatan untuk memajukan aliansi dan bekerja sama dalam masalah Korea Utara, sambil mendengar tentang pandangan Biden tentang masalah kebijakan luar negeri selama pertemuan tersebut.

"Saya menyoroti perlunya memperkuat upaya diplomatik untuk mencapai tujuan penghentian nuklir sepenuhnya di semenanjung Korea mengingat urgensi masalah nuklir Korea Utara," katanya kepada wartawan.

"Saya memberi penekanan khusus pada pentingnya segera memulai kembali dialog AS-Korea Utara sebagai masalah yang membutuhkan prioritas," ujar dia.

Kantor Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan secara terpisah pada hari Rabu bahwa pihaknya akan menggelar panggilan telepon antara Moon dan Biden pada hari Kamis.

Baca Juga: Trump dianggap diktator, satu per satu pejabat Pentagon mengundurkan diri

Kang mengatakan dia berharap untuk melakukan diskusi formal awal setelah Biden dilantik, membangun pengalaman masa lalu bekerja dengan pemerintahan Demokrat.

Kang juga bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Robert O'Brien. Mereka membahas masalah bilateral, regional dan global termasuk pemilihan ketua Organisasi Perdagangan Dunia dan setuju untuk menjaga kerja sama yang erat sampai pemerintahan baru masuk, katanya.

Selanjutnya: Demokrat berhasil pertahankan kendali mereka atas DPR Amerika Serikat




TERBARU

[X]
×