kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45918,34   9,03   0.99%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konflik di Timur Tengah Memanas, Investor Tarik Dana Jumbo dari Arab Saudi


Senin, 13 November 2023 / 13:18 WIB
Konflik di Timur Tengah Memanas, Investor Tarik Dana Jumbo dari Arab Saudi
ILUSTRASI. Seorang investor berjalan melewati layar yang menampilkan informasi saham di Bursa Efek Saudi (Tadawul) di Riyadh, Arab Saudi, 29 Juni 2016. Konflik di Timur Tengah Memanas, Investor Tarik Dana Jumbo dari Arab Saudi.


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - LONDON. Pada bulan Oktober 2023, investor asing melakukan penarikan dana besar dari dana ekuitas AS yang di Arab Saudi. Kejadian ini terjadi ketika kekerasan di Timur Tengah mencapai tingkat terburuk dalam beberapa dekade, mengguncang citra ramah bisnis di kawasan tersebut.

Menurut data LSEG, ETF iShares MSCI Arab Saudi mencatat rekor arus keluar bersih sebesar lebih dari US$ 200 juta pada bulan Oktober. Hal ini mengakibatkan pemotongan sekitar 20% dari total dana yang dimilikinya pada awal bulan.

Selain Arab Saudi, dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) yang memberikan eksposur ke saham-saham di Qatar, UEA, dan Israel juga mengalami arus keluar. Investor khawatir akan ketidakstabilan di kawasan tersebut, dan aliran dana keluar tersebut tidak terdengar pada bulan ini.

Baca Juga: Bumi Resources Minerals (BRMS) Diuntungkan Kenaikan Emas, Cek Rekomendasi Sahamnya

Torbjorn Soltvedt, analis utama untuk Timur Tengah dan Afrika Utara di Verisk Maplecroft, mengatakan, penarikan modal bisa terjadi tanpa pandang bulu. Ini belum tentu 100% didasarkan pada fundamental masing-masing negara.

"Saat ini, ada persepsi bahwa risiko semakin meningkat di seluruh kawasan, dan kami melihat dampak negatif sebagai akibat dari hal tersebut," ucapnya.

Pada bulan Oktober, iShares MSCI Qatar ETF (QAT.O) kehilangan dana sebesar US$ 7,7 juta, sementara iShares MSCI UAE ETF (UAE.O) mengalami arus keluar sebesar $2,75 juta.

Baca Juga: Soal Pencarian Calon Investor Baru BSI, Erick Thohir Ogah Buru-Buru

Dana yang diperdagangkan di bursa yang melacak Israel, seperti iShares MSCI Israel ETF, ARK Israel Innovative Technology ETF, dan BlueStar Israel Technology, juga mengalami arus keluar bersih antara US$ 2,5 juta dan US$ 9,3 juta sejak serangan militan Hamas pada 7 Oktober.

Arus keluar dari ETF yang melacak negara-negara Teluk jauh melebihi arus keluar dari sebagian besar pasar negara berkembang pada periode yang sama, sementara arus keluar dari Israel juga berada di atas rata-rata.

Perang Israel dengan Hamas adalah kedua kalinya pasar Israel menghadapi gejolak tahun ini setelah dampak reformasi peradilan pemerintah meningkatkan tekanan terhadap mereka.

Baca Juga: Cek Proyeksi IHSG dan Saham Jagoan Analis pada Perdagangan Awal Pekan Ini

Natalia Gurushina, kepala ekonom pasar negara berkembang di VanEck, mengatakan gejolak terbaru telah memperparah arus keluar. "Kisah FDI – Israel sebagai tujuan investasi teknologi – kembali mendapat pukulan besar," ujarnya.

"Dari sudut pandang struktural, Israel adalah tempat yang aman dan menarik bagi arus masuk dana semacam ini, itulah salah satu alasan lembaga pemeringkat mempertimbangkan penurunan peringkat sebelumnya."

Meskipun begitu, ETF yang memantau wilayah tersebut sebagian besar telah pulih dari kerugian yang terjadi setelah serangan Hamas pada 7 Oktober.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×