Konsorsium Arab Saudi dan Qatar Tertarik Akuisisi Liverpool Senilai £ 3 Miliar

Minggu, 27 November 2022 | 11:16 WIB   Reporter: Diki Mardiansyah
Konsorsium Arab Saudi dan Qatar Tertarik Akuisisi Liverpool Senilai £ 3 Miliar

ILUSTRASI. Pemilik klub Liverpool, Fenway Sports Group (FSG) telah mengadakan pembicaraan dengan dua konsorsium yang berbasis di Timur Tengah. Reuters / Phil Noble Livepic EDITORIAL USE ONLY.


KONTAN.CO.ID - LIVERPOOL. Pemilik klub bersejarah asal Inggris, Liverpool, Fenway Sports Group (FSG) telah mengadakan pembicaraan dengan dua konsorsium yang berbasis di Timur Tengah.

Seperti dilansir Sportsmail pada Minggu (27/11), para pemimpin Saudi dan Qatar telah menyatakan minat untuk membeli klub yang telah menjuarai Liga Champions enam kali ini.

Kedua pihak konsorsium yang berkepentingan disebut sebagai perusahaan swasta dan bukan milik negara. Liverpool telah mengadakan diskusi dengan dua konsorsium Saudi dan Qatar mengenai pengambilalihan senilai £ 3 miliar.

Baca Juga: Apple Tertarik Akuisisi Manchester United £ 5,8 Miliar?

The Mail on Sunday juga telah mengetahui bahwa perwakilan konsorsium dari Arab Saudi dan Qatar telah menyatakan minat untuk membeli klub tersebut.

Beberapa sumber melaporkan bahwa pejabat konsorsium telah mendekati direktur FSG, Mike Gordon sebagai orang yang bertanggung jawab atas penjualan Liverpool untuk mendaftarkan minat mereka.

Namun kedua konsorsium dianggap memiliki hubungan dekat dengan keluarga penguasa negara mereka.

Adapun, Menteri Olahraga Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Turki Al-Faisal minggu ini mengajukan tawaran pengambilalihan untuk Liverpool dan Manchester United.

Kedua klub telah menjajaki opsi penjualan potensial selama sebulan terakhir.

"Dari sektor swasta, saya tidak dapat berbicara atas nama mereka, tetapi ada banyak minat dan banyak gairah tentang sepak bola di Arab," kata Abdulaziz.

Baca Juga: Nasib Manchester United, Potensial Untuk Dijual dan Siap Ditinggal Cristiano Ronaldo

Dia bilang, Saudi pasti akan mendukung jika ada sektor swasta [Saudi] yang masuk, karena tahu itu akan berdampak positif pada olahraga di dalam kerajaan.

Sebagai informasi, Public Investment Fund (PIF) atau Dana Investasi Publik Arab Saudi yang didukung negara kerajaan telah mengakuisisi Newcastle United. 

Selain dari Timur Tengah, Liverpool juga sedang berdiskusi dengan calon pembeli yang berbasis di Amerika Serikat, sementara orang terkaya Inggris Sir Jim Ratcliffe dan raksasa teknologi Apple telah dikaitkan dengan tawaran Manchester United.

Editor: Handoyo .

Terbaru