kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Utara Mengklaim Berhasil Uji Coba Rudal Berhulu Ledak Ganda


Kamis, 27 Juni 2024 / 10:55 WIB
Korea Utara Mengklaim Berhasil Uji Coba Rudal Berhulu Ledak Ganda
ILUSTRASI. Korea Utara mengklaim telah berhasil melakukan uji coba penting yang bertujuan untuk mengembangkan rudal yang membawa banyak hulu ledak,. KCNA melalui REUTERS


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Utara mengklaim telah berhasil melakukan uji coba penting yang bertujuan untuk mengembangkan rudal yang membawa banyak hulu ledak, menurut kantor media pemerintah KCNA pada hari Kamis. Namun, klaim ini ditolak oleh Korea Selatan sebagai penipuan untuk menutupi kegagalan peluncuran.

Korea Utara menyatakan bahwa uji coba tersebut dilakukan pada hari Rabu dengan menggunakan mesin berbahan bakar padat tahap pertama dari rudal balistik jarak menengah.

Pengumuman ini disampaikan sehari setelah militer Korea Selatan melaporkan bahwa Korea Utara telah meluncurkan sesuatu yang tampak seperti rudal hipersonik di lepas pantai timur yang meledak di udara.

KCNA mengklaim bahwa rudal tersebut berhasil memisahkan hulu ledak, yang secara akurat diarahkan ke tiga target yang telah ditentukan, dalam sebuah uji coba yang bertujuan untuk mengembangkan teknologi kendaraan masuk kembali yang dapat ditargetkan secara independen (MIRV).

Baca Juga: Korea Utara Meluncurkan Rudal Balistik ke Arah Laut Jepang, Meledak di Udara

"Tujuannya adalah untuk mengamankan kemampuan untuk menghancurkan target individu dengan menggunakan beberapa hulu ledak," katanya.

Militer Korea Selatan, bagaimanapun, mengatakan bahwa analisis gabungan oleh militer Korea Selatan dan AS menunjukkan bahwa rudal tersebut meledak pada tahap awal penerbangannya.

"Hari ini Korea Utara mengungkapkan sesuatu, tetapi kami yakin itu hanyalah alat untuk menipu dan melebih-lebihkan," kata Lee Sung-joon, juru bicara Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, dalam sebuah konferensi pers. 

Foto-foto yang dirilis oleh Korea Utara yang diklaim sebagai foto uji coba hari Rabu juga kemungkinan besar merupakan foto palsu atau foto daur ulang dari peluncuran sebelumnya, katanya.

Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Jepang mengutuk peluncuran tersebut sebagai pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB dan ancaman serius, serta memperingatkan agar tidak ada provokasi tambahan setelah pertemuan puncak pekan lalu antara pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dalam kunjungan pertama Putin ke Korea Utara dalam 24 tahun terakhir, kedua pemimpin menandatangani pakta pertahanan bersama, yang dipuji oleh Kim sebagai sebuah aliansi, namun disebut oleh Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol sebagai "anakronistik".

Baca Juga: Pentagon: Pasukan Korut Bakal Jadi Umpan Meriam Jika Bantu Rusia di Ukraina

Dalam pernyataan lainnya, Menteri Pertahanan Korea Utara Kang Sun Nam mengutuk serangan Ukraina ke Krimea dengan rudal ATACMS yang dipasok oleh AS, yang menurut Rusia menewaskan sedikitnya empat orang dan melukai 151 orang, sebagai sebuah "tindakan yang tidak dapat dimaafkan dan keji terhadap kemanusiaan". Serangan tersebut menyoroti bagaimana Washington telah berperan sebagai "negara sponsor terorisme kelas atas," katanya.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan pada hari Senin bahwa Washington memberikan senjata kepada Ukraina sehingga Ukraina dapat mempertahankan wilayah kedaulatannya, termasuk Krimea.




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×