kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lengkapi layanan Tinder, Match Group akan akuisisi Hyperconnect US$ 1,73 miliar


Kamis, 11 Februari 2021 / 14:33 WIB
Lengkapi layanan Tinder, Match Group akan akuisisi Hyperconnect US$ 1,73 miliar
ILUSTRASI. FILE PHOTO: The dating app Tinder. REUTERS/Mike Blake/Illustration/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD SEARCH GLOBAL BUSINESS 31 JUL FOR ALL IMAGES


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Match Group Inc berencana untuk mengakuisisi perusahaan teknologi video Korea Selatan Hyperconnect senilai US$ 1,73 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Aksi ini guna mempeluas layanan fitur kencan online dan sosial dalam aplikasi Mach, seperti pemberitaan Bloomberg pada Kamis (11/2).

Pandemi Covid-19 telah membuat masyarakat menggunakan aplikasi kencan. Oleh sebab itu, Match akan menambah layanan video dan streaming pada aplikasi Tinder. Adapun Hyperconnect yang berbasis di Seoul memiliki dua aplikasi andalan yakni Azar dan Hakuna Live.

Azar merupakan aplikasi obrolan video dan audio langsung dengan fitur-fitur termasuk terjemahan suara dan pesan instan. Sedangkan Hakuna memberikan layanan aplikasi streaming sosial yang memungkinkan penyiaran audio dan video grup dan menawarkan fitur berbayar, termasuk pemberian hadiah virtual.

"Semakin banyak aspek kehidupan kita yang bergeser ke onnline, orang-orang mencari pengalaman yang lebih kaya dan lebih dalam. Teknologi keterlibatan video dan audio milim Hyperconnect merupakan alat yang ampuh yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan orang dan budaya baru secara global,” kata Chief Executive Officer Match Pertandingan Shar Dubey.

Baca Juga: Ada-ada saja, gamer manfaatkan Among Us untuk mencari jodoh

Match telah melihat peningkatan proporsi pertumbuhan yang berasal dari pasar internasional, khususnya di Asia. Perusahaan yang berbasis di Dallas telah bekerja untuk mengurangi stigma sosial yang dapat dikaitkan dengan kencan online di pasar non-barat dan telah menekankan aspek sosial aplikasinya untuk lebih dari sekadar minat romantis.

Hyperconnect merupakan perusahaan yang mencatatkan pendapatan lebih dari US$ 200 juta pada tahun 2020, meningkat 50% dari 2019, kata perusahaan itu. Ini memperoleh lebih dari 75% pendapatan dari pasar di seluruh Asia dan kedua aplikasi memiliki strategi monetisasi yang sangat berkembang.

Sejak diluncurkan pada tahun 2014, Azar telah memperoleh lebih dari 540 juta unduhan, sedangkan Hakuna Live, yang diluncurkan pada tahun 2019, telah diunduh lebih dari 23 juta kali. Hyperconnect memiliki 400 karyawan yang berbasis di Seoul dan dipimpin oleh CEO dan salah satu pendiri Sam Ahn.

Selanjutnya: Bakal IPO tahun depan, valuasi aplikasi kencan Bumble ditaksir capai US$ 8 miliar




TERBARU

[X]
×