kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lukisan Picasso diprediksi cetak rekor di Lelang Christie's pekan depan


Sabtu, 05 Mei 2018 / 14:00 WIB
Lukisan Picasso diprediksi cetak rekor di Lelang Christie's pekan depan


Reporter: Rizki Caturini | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - BALAI lelang Christie's akan menggelar lelang koleksi lukisan dan barang seni milik keluarga Rockefeller di New York. Koleksi seni ini berasal dari abad ke 19 dan 20 yang merupakan warisan karya seni berharga milik penulis dan kolektor barang seni Amerika Gertrude Stein yang dijual pada 1968 silam.

Rockefeller membeli dengan membentuk kelompok dari rekan-rekannya di Museum of Modern Art pada waktu itu. Keluarga Rockefeller termasuk William S. Paley, Nelson Rockefeller dan John Hay Whitney sepakat untuk melelang sebagian koleksinya pada pekan depan.

Keluarga Rockefeller menentukan urutan seleksi pertama. Pilihannya: lukisan Picasso berjudul "Young Girl with a Flower Basket" yang dilukis pada 1905 menggambarkan seorang anak terlantar menjual bunga di sekitar Montmartre. "Lukisan itu mungkin mewakili investasi seni termahal yang dimiliki keluarga," ujar David Rockefeller Jr, putra David Rockefeller Sr. dalam sebuah wawancara telepon seperti dikutip Bloomberg.

Koleksi lukisan milik Rockefeller akan mulai dipamerkan pada lelang 8 Mei 2018. Harga lukisan gadis muda tak berbusana itu diperkirakan dibuka sekitar US$ 100 juta. Lukisan itu termasuk diantara 45 karya Picasso lainnya yang akan dilelang. Lukisan ini diperkirakan akan terjual lebih dari US$ 305 juta dan diprediksi bisa mencetak rekor.

Ini lukisan paling bernilai dari sekitar 1.500 koleksi lukisan dan barang seni Rockefeller lainnya. Koleksi yang akan dilelang mewakili berbagai macam gaya seni dan rentang harga yang lebar.

"Lukisan Picasso dikumpulkan dari seluruh dunia. Bagi kebanyakan orang ketika mereka mulai mengoleksi lukisan, karya Picasso adalah yang ingin mereka beli," kata Nicholas Maclean, Co-founder galeri Eykyn Maclean di New York dan London.

Menurut Artprice.com, total nilai penjualan karya Picasso di tahun ini sudah mencapai US$ 212 juta. Rekor tahunan penjualan lukisan saat ini sebesar US$ 568 juta yang terjadi pada tahun 2015.

Ketika itu lukisan bertajuk "Les Femmes d'Alger (Versi O)" terjual seharga US$ 179,4 juta. Itu menjadi rekor lelang lukisan tertinggi sepanjang masa yang kemudian dipecahkan pada bulan November 2017 ketika lukisan Leonardo Da Vinci berjudul Salvator Mundi berhasil terjual senilai US$ 450 juta.

Christie's memiliki 17 karya Picasso, termasuk tiga koleksi yang akan dijual oleh Rockefeller nanti yang diperkirakan bisa terjual lebih dari US$ 225 juta. Koleksi lukisan Picasso milik miliuner kasino Steve Wynn bertajuk "Le Marin" diperkirakan akan terjual sekitar US$ 70 juta. Lukisan itu akan ditawarkan pada penjualan karya seni impresionis dan modern di malam lelang tanggal 15 Mei 2018.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×