kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MailChimp tetap fokus menyasar pasar UKM (3)


Jumat, 23 November 2018 / 16:17 WIB
MailChimp tetap fokus menyasar pasar UKM (3)
ILUSTRASI. FENOMENA - Ben Chestnut


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Tri Adi

Ben Chestnut memiliki pandangan yang kuat mengenai potensi ceruk pasar usaha kecil dan menengah (UKM) yang masih besar. Dia tetap fokus mengembangkan jasa platform ke pasar tersebut. Itu menjadi salah satu alasan mengapa hingga kini MailChimp tidak memiliki investor dari luar. Menurut Chestnut, investor ingin mengubah fokus Mailchimp yakni menyasar pasar korporasi. Maka, lebih baik saat ini dia mengembangkan bisnis lewat pertumbuhan organik.

Pandai membaca kebutuhan konsumen merupakan salah satu kunci sukses dalam mengembangkan usaha. Hal ini pula yang dilakukan Ben Chestnut dalam mengembangkan usaha perangkat lunak pemasaran surat elektronik (surel) yang ia bangun bernama MailChimp.

MailChimp memungkinkan usaha kecil mendesain, mengirim dan menyebarkan template newsletter. Selain itu perangkat lunak ini dibuat sedemikian rupa sehingga buletin UKM yang dikirimkan ini bisa diintegrasikan dengan Google Analytics.

Dengan begitu pelanggan bisa memonitor performa dari buletin yang mereka sebarkan melalui surel. Selain itu dalam perangkat lunak ini Ben juga menambahan profil subscribers dan opsi untuk mengirimkan versi salinan buletin ini ke Twitter.

Kunci sukses perusahaan pemasaran surel ini adalah aktif dalam mendengarkan pelanggan mereka dan beradaptasi dengan cepat untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan. MailChimp dari awal ditujukan untuk pengusaha UKM agar bisa lebih mudah melakukan pemasaran melalui surel dengan target pasar tertentu. Chestnut mengetahui pasar UKM yang besar, masih ada banyak ruang ekspansi bisnis yang bisa diambil.

Konsep bisnis MailChimp adalah menyasar UKM yang ingin melakukan pemasaran melalui surel dengan menyasar ribuan pelanggan. Pengguna baru dikenakan biaya ketika UKM menyebar surel pemasaran kepada lebih dari 2.000 pelanggan dengan target pasar tertentu.

Dengan strategi premium ini, sampai 2017 lalu, MailChimp berhasil mendapatkan 14.000 pelanggan baru setiap hari dengan total pelanggan sebanyak 16 juta. Dalam beberapa tahun terakhir, MailChimp juga berusaha mengeluarkan fitur dan layanan baru yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Salah satu fitur unggulan ini adalah memudahkan UKM untuk melakukan pemasaran lewat sosial media selain menggunakan surel. Hal ini didasari masifnya perkembangan sosial media yang terjadi akhir-akhir ini seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Dengan integrasi ke media sosial ini memungkinkan UKM untuk mengaktifkan fitur di ini perangkat lunak MailChimp. Sejumlah UKM tercatat cukup terbantu dengan adanya tambahan fitur untuk membantu pengusha kecil menengah beriklan di media sosial.

Selain mengandalkan pengembangan produk konvensional, Ia juga berusaha menjangkau lebih banyak pelanggan dengan mengalokasikan anggaran untuk iklan. Salah satu iklan yang cukup fenomenal adalah pada 2014 ketika MailChimp menjadi sponsor podcast. Serial radio yang cukup viral di internet.

Dalam strategi pemasaran itu, iklan MailChimp muncul di awal tiap kali serial muncul. Dari promosi ini, pada 2014, MailChimp berhasil meningkatkan jumlah pelanggan menjadi 7 juta dan mengirim 500 juta surel setiap hari.Dengan beberapa strategi ini tercatat MailChimp telah mencatat pertumbuhan pelanggan yang cukup besar. Sampai kuaratal III-2018, jumlah pelanggan MailChimp sebesar 20 juta. Sampai 2017 lalu, pendapatan MailChimp sudah mengalami kenaikan cukup tinggi yaitu 31,2% secara tahunan menjadi US$ 525 juta.

Hingga kini Chestnut belum ingin memasukkan investor luar menyuntikkan dana guna pengembangan usaha Mailchimp. Menurutnya, beberapa investor ingin mengubah bisnis MailChimp dari UKM menuju ke korproasi. Padahal dia melihat potensi pasar UKM ke depan masih akan tumbuh cukup pesat, sehingga belum saatnya untuk perpindahan pasar ke segmen yang lebih tinggi, yaitu korporasi.

(Selesai)




TERBARU

[X]
×