kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Makin keras kepada sektor swasta, China stop 42 proses IPO


Senin, 23 Agustus 2021 / 16:10 WIB
Makin keras kepada sektor swasta, China stop 42 proses IPO
ILUSTRASI. Bursa saham China. Makin keras kepada sektor swasta, China stop 42 proses IPO. REUTERS/Aly Song/File Photo


Reporter: Amanda Christabel | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Regulator pasar saham China menghentikan 42 penawaran umum perdana di Shanghai dan Shenzhen setelah memulai penyelidikan terhadap bank investasi, firma hukum, dan pihak lain yang terlibat dalam kesepakatan tersebut.

Berita tentang IPO yang ditangguhkan dilaporkan oleh Shanghai Securities News, yang mengutip ungkapan dari bursa dan pengajuan perusahaan. China Securities Regulatory Commission memulai penyelidikan terhadap China Dragon Securities Co., firma hukum yang berbasis di Beijing, Tian Yuan, Carea Assets Appraisal Co., dan LLP Zhongxingcai Guanghua Certified Public Accountants.

Penghentian itu terjadi di tengah tindakan keras yang lebih luas terhadap sektor swasta di China, yang telah mengguncang pasar modal. Regulator juga memperketat kontrol atas IPO tahun ini, karena perusahaan berbondong-bondong untuk meningkatkan modal di tengah pemulihan ekonomi yang cepat dan penyederhanaan peraturan sebelumnya.

Setelah rapat kerja tengah tahun, regulator pasar modal mengatakan bahwa mereka akan mengendalikan secara ketat pintu masuk ke pasar modal, dan tidak akan bertoleransi untuk pelanggaran pasar saham. Menurut informasi di situs web bursa Shenzhen per 18 Agustus 2021, salah satu yang dihentikan adalah penjualan saham unit chip BYD Co.

Baca Juga: Mengenal Lembah Panjshir di Afganistan yang tetap berada di luar jangkauan Taliban

Rencana perusahaan pembuat mobil listrik China, BYD, untuk mendaftarkan bisnis semikonduktornya telah ditangguhkan karena penyelidikan peraturan terhadap firma hukum yang menasihati perusahaan tentang kesepakatan itu. Hal ini merupakan bentuk otoritas China memperketat pengawasan mereka terhadap perusahaan teknologi lokal dan pasar modal.

BYD Semiconductor, pembuat chip mikrokontroler otomotif terbesar di China, mengajukan aplikasi pada bulan Mei untuk mendaftar di ChiNext Shenzhen, pasar bergaya Nasdaq yang diawasi oleh Bursa Efek Shenzhen. Perseroan bertujuan untuk mengumpulkan setidaknya 2,68 miliar yuan atau setara dengan US$ 412 juta untuk pengembangan chip otomotif. Bursa menerima aplikasi IPO untuk ditinjau pada bulan Juni.

Rencana itu telah ditunda karena penyelidikan peraturan oleh Komisi Pengaturan Keamanan terhadap Firma Hukum Tian Yuan Beijing, salah satu penyedia layanan hukum terbesar di China. Firma hukum memberi saran kepada BYD tentang debut pasar unit chipnya.

"Bursa Saham Shenzhen perlu menangguhkan peninjauan rencana IPO semacam itu karena penyelidikan,” Bursa Efek Shenzhen mengatakan dalam keterangan resminya dan menambahkan bahwa pihaknya menghentikan peninjauan aplikasi BYD pada 18 Agustus.

Baca Juga: PayPal luncurkan layanan transaksi jual beli kripto di Inggris

BYD Semiconductor bersaing langsung dengan perusahaan internasional seperti Infineon dari Jerman dan Rohm Semiconductor dari Jepang. Investor mengatakan perusahaan itu siap menjadi saham chip otomotif China teratas.

Perusahaan induk BYD adalah pembuat mobil China terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, dan didukung oleh investor kelas berat AS Warren Buffett. Beberapa rencana pencatatan lainnya yang melibatkan firma hukum, akuntan, dan perusahaan sekuritas lain yang sedang diselidiki juga dihentikan, meskipun tidak ada alasan untuk penyelidikan ini yang diberikan.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×