kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45896,43   -1,59   -0.18%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Miliarder yang dekat dengan kalangan milenial (1)


Selasa, 28 November 2017 / 11:36 WIB
Miliarder yang dekat dengan kalangan milenial (1)


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID - Malang-melintang di bisnis perbankan, Rana Kapoor akhirnya mendirikan Yes Bank Ltd. Berkat bank yang dia dirikan tersebut, Rana pun masuk jajaran miliarder dunia. Forbes mencatat jumlah kekayaannya senilai US$ 1,25 miliar. Salah satu keunggulan Yes Bank adalah mudah menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan nasabah dari golongan milenial. Di India, media sosial milik Yes Bank paling banyak mengumpulkan pengikut dari kalangan anak muda.

Tak banyak miliarder di India yang lahir dari bisnis perbankan. Dari sedikit nama tersebut, tersempil Rana Kapoor. Dia adalah pendiri dari Yes Bank Ltd, salah satu bank yang sedang naik daun di Negeri Bollywood.

Menjadi seorang bankir merupakan profesi Rana sejak beberapa tahun lalu. Sebagai profesional di bisnis ini, ia memang berhasil menjadi orang kaya. Namun status miliarder, baru ia dapat setelah mendirikan Yes Bank.

Saat ini, Forbes mengkalkulasi kekayaan pribadinya mencapai US$ 1,25 miliar. Dengan kekayaan sebesar itu, ia menempati posisi orang terkaya urutan ke-94 di India.

Dengan kekayaan sebesar itu pula, Rana menjadi bankir paling tajir kedua di India. Ia berada di bawah Uday Kotak yang mendirikan Kotak Mahindra Bank.

Masuknya Rana ke dalam jajaran miliarder sendiri baru terjadi di awal tahun ini. Hal ini merupakan berkah dari kenaikan saham Yes Bank sejak akhir tahun lalu. Sebagai pendiri sekaligus Chief Executive Officer Yes Bank, tentunya ia ikut kecipratan dari terkereknya harga saham bank ini.

Pada Desember 2016, saham Yes Bank tumbuh 16,4%, menjadikannya sebagai saham dengan kinerja terbaik diantara emiten bank lain di India. Rana sendiri menggenggam 11,6% saham dari bank yang ia dirikan tersebut.

Yes Bank sendiri menjadi salah satu fenomena di India. Salah satunya karena perkembangan pesat yang berhasil dibukukan oleh perusahaan tersebut. Padahal, Yes Bank masih tergolong muda dibanding kompetitor lain, yakni baru didirikan pada tahun 2004.

Usia yang masih sekitar tiga belas tahun rupanya tidak menjadi penghalang bagi Yes Bank untuk agresif meraup pangsa pasar. Terbukti saat ini bank tersebut menempati urutan kelima sebagai bank terbesar di India.

Hal ini mungkin terdengar wajar. Pasalnya, orang-orang yang ada di dalam Yes Bank sendiri mengalami pengalaman yang panjang di industri perbankan. Termasuk Rana yang sudah bekerja di beberapa bank asing sebelumnya.

Saat ini, Yes Bank memiliki lebih dari 1.000 kantor cabang dan diperkuat oleh lebih dari 2.000 jaringan ATM. Hal ini membuat bank tersebut bisa menjangkau pasar yang luas di India.

Sementara itu, bisnis perbankan di India sebenarnya tidak lepas dari tantangan. Diantaranya rasio kredit macet yang cenderung meningkat seiring perlambatan kondisi ekonomi yang terjadi di negara tersebut. Namun hal ini rupanya tidak menghambat Yes Bank untuk mencatatkan kinerja yang positif.

Pada tahun fiskal 2017 kuartal II, Yes Bank mengantongi laba sebesar Rs 3.330 crore. Angka ini melompat 31,1% secara year on year. Sementara pendapatan bersih melonjak 36,8% menjadi Rs 9.954 crore.

Masih moncernya bisnis Yes Bank diantaranya karena strategi perusahaan yang semakin gencar menyasar segmen pasar yang kian luas. Diantaranya ke pasar milineal dengan penawaran sejumlah produk dan layanan yang dinilai sesuai dengan kebutuhan segmen tersebut.

Maka tak heran, bila Yes Bank menjadi salah satu bank paling populer di kalangan anak muda India. Hal ini diantaranya terlihat dari posisinya sebagai bank dengan pengikut terbanyak di media sosial mulai dari Twitter, Facebook, sampai Instagram.

Pertumbuhan bisnis yang cepat juga membuat Yes Bank diganjar sejumlah penghargaan. Diantaranya menjadi perusahaan India termuda yang berhasil masuk jajaran elit, Forbes Global 2000. Selain itu, langkah bank tersebut untuk menggunakan berbagai layanan digital demi meningkatkan inklusi keuangan, juga diganjar sejumlah pengakuan global.     

(Bersambung)




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×