kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mobil listrik Tesla buatan China mulai dijual di Eropa


Selasa, 20 Oktober 2020 / 15:23 WIB
Mobil listrik Tesla buatan China mulai dijual di Eropa
ILUSTRASI. Tesla. REUTERS/Hannibal Hanschke/File Photo


Sumber: Bloomberg | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tesla Inc akan mulai mengekspor sedan Model 3 yang dibuat di gigafactory di pinggiran Shanghai ke Eropa akhir bulan ini, berusaha meningkatkan penjualan di salah satu pasar mobil listrik yang tumbuh paling cepat.

Mobil itu akan dikirim ke lebih dari 10 negara, termasuk Jerman, Prancis dan Swiss, kata produsen mobil itu dalam pernyataan yang dikirim melalui WeChat pada hari Senin. Pabrik Shanghai merupakan perusahaan yang pertama di luar AS dan dibuka untuk pengiriman lokal pada awal tahun ini.

"Kami berharap dapat melayani pelanggan global sebagai pabrik global," kata direktur manufaktur Tesla di situs Shanghai, Song Gang, dalam sebuah wawancara dengan wartawan lokal. “Ekspor model Tesla buatan China adalah langkah kunci dalam tata letak global.”

Pabrik Shanghai telah membantu Tesla berkembang di China, dan perusahaan tersebut mengatakan memiliki kapasitas untuk memproduksi 200.000 kendaraan setahun di lokasi tersebut. Pendaftaran bulanan Teslas buatan lokal telah berada di kisaran 11.000 selama beberapa bulan, turun menjadi 10.881 pada bulan September, menurut data dari China Automotive Information Net.

Varian Tesla yang awalnya akan diekspor ke Eropa adalah Model standar 3. Ia memiliki jarak tempuh 468 kilometer (291 mil) dengan sekali pengisian, dan harganya sekitar US$ 40.300 di China sebelum subsidi lokal. 

Bulan ini, Tesla menurunkan harga model di China, sebuah langkah yang dimungkinkan dengan mulai menggunakan baterai yang lebih murah dari pemasok lokal Kontemporer Amperex Technology Co Ltd, kata orang yang mengetahui masalah tersebut.

Baca Juga: Elon Musk: Tesla masih bisa mencapai target produksi 500.000 kendaraan tahun ini

Penjualan kendaraan listrik di Eropa tumbuh sedemikian cepat sehingga benua itu tampaknya semakin mungkin melampaui China dalam waktu dekat, kata perusahaan riset otomotif yang berbasis di London Jato Dynamics bulan ini. Tesla sedang dalam proses mendirikan pabrik dan pusat desain dan teknik di dekat Berlin, yang pertama di Eropa.

Perusahaan yang berbasis di California itu juga menyatakan berkomitmen untuk memperluas investasinya di China. Perusahaan berencana untuk menggandakan kemampuan produksinya, jangkauan jaringan penjualan dan layanannya, pengisian fasilitas infrastruktur, dan lapangan kerja di dalam negeri.

Orang-orang yang mengetahui masalah ini mengatakan bulan lalu bahwa Tesla berencana untuk mengirim mobil buatan Shanghai ke negara lain di Asia dan Eropa, mengubah strateginya untuk pabrik agar sebagian besar fokus pada penyediaan pasar China. 

Chief Executive Officer Elon Musk mengatakan pada 2019 bahwa fasilitas tersebut hanya akan membuat sedan Model 3 dan crossover Model Y dengan harga lebih murah untuk wilayah China Raya, dan memperkirakan akan ada permintaan lokal yang cukup untuk berpotensi memerlukan beberapa pabrik di negara tersebut.

Model 3 buatan China untuk pengiriman ke luar negeri kemungkinan akan memulai produksi massal pada kuartal keempat, kata orang-orang bulan lalu, menambahkan bahwa pasar yang ditargetkan termasuk Singapura, Australia dan Selandia Baru, serta Eropa.

Selanjutnya: Kaum tajir makin tajir, miliarder catat rekor kenaikan kekayaan di masa pandemi




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×