kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Orang paling tajir di China bukan lagi Jack Ma


Jumat, 17 November 2017 / 13:51 WIB

Orang paling tajir di China bukan lagi Jack Ma

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Bos perusahaan e-commerce raksasa China, Jack Ma, tak lagi menduduki posisi orang paling tajir di China. Berdasarkan daftar orang kaya China versi Forbes, kini, posisi Ma berada di peringkat tiga.

Posisi Ma tetap menurun kendati nilai bersih kekayaannya naik lebih dari sepertiganya menjadi US$ 38,6 miliar.

Sementara, miliarder teknologi Asia Pony Ma atau yang kerap dikenal dengan nama Ma Huateng, naik ke posisi kedua setelah nilai kekayaannya melonjak hampir 60% menjadi US$ 39 miliar.

Lalu, siapa yang menduduki posisi pertama? Dia adalah Hui Ka Yan, pengusaha real estate. Pria berusia 59 tahun yang juga dikenal dengan sebutan Xu Jiayin, merupakan direktur dari China Evergrande Group. Nilai kekayaannya naik lebih dari 400% dari tahun lalu menjadi US$ 42,5 miliar.

Berdasarkan data Forbes, kenaikan tajam nilai kekayaannya berasal dari melejitnya harga saham perusahaannya yang menambah nilai kekayaan Yan lebih dari US$ 32 miliar.

Hui juga mengekor di belakang 10 orang tertajir dunia yang meliputi Warren Buffett dari Berkshire Hathaway dan Jeff Bezos yang merupakan CEO Amazon.

Selain properti, Hui juga menanamkan investasi di industri kesehatan untuk menciptakan Evergrande Healthcare.

Hui bukan satu-satunya miliarder yang peringkatnya menanjak. Sejumlah pengembang properti, pengusaha internet, dan manufaktur China juga berada dalam daftar orang kaya yang nilai kekayaannya melonjak tajam pada tahun ini.

Sementara itu, Wang Jianlin, konglomerat Dalian Wanda Group, mengalami penurunan peringkat ke posisi empat karena nilai kekayaannya turun hampir US$ 8 miliar menjadi US$ 25,2 miliar.

Sejumlah poin penting lain dari Daftar Orang Tajir China 2017 versi Forbes, di antaranya:

- Rata-rata mereka yang masuk ke dalam daftar berusia 55
- 10 orang kaya China termasuk di dalamnya seorang wanita berusia 36 tahun bernama Yang Huiyan
- Empat dari daftar 100 miliarder China berusia di bawah 40

 


Sumber : BBC
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×