kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Panas! Kota-Kota di China Pecahkan Rekor Baru Suhu Tertinggi, 40-42 Derajat Celcius


Rabu, 13 Juli 2022 / 14:41 WIB
Panas! Kota-Kota di China Pecahkan Rekor Baru Suhu Tertinggi, 40-42 Derajat Celcius
ILUSTRASI. Beberapa kota di China memecahkan rekor baru untuk suhu tertinggi, 40-42 derajat Celcius. REUTERS/Aly Song


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Beberapa kota di China memecahkan rekor baru untuk suhu tertinggi pada Selasa (12/7), ketika panas terik dan hujan yang kontras tanpa henti mendatangkan malapetaka.

Mengutip Reuters, peringatan merah, yang tertinggi dalam sistem peringatan tiga tingkat, tersebar di seluruh negeri tembok raksasa pada Selasa.

Dan, kota-kota mengambil langkah-langkah untuk melindungi warga dari panas terik, yang memecahkan rekor untuk bulan Juli di beberapa bagian Provinsi Jiangsu dan Kota Shanghai.

Suhu di Kota Yixing di Jiangsu naik setinggi 41,3 derajat Celcius pada Selasa, puncak sejarah baru, Badan Meteorologi China mengatakan pada Rabu (13/7).

Baca Juga: Cuaca Panas Landa China, Bikin Aspal Melengkung dan Genteng Pecah

Tagar #Heatstroke menjadi tren di media sosial dengan 2,45 juta tampilan di platform Weibo, mulai dari orang-orang yang dirawat di rumahsakit hingga efek merugikan dari paparan panas jangka panjang.

"Cuaca tahun ini benar-benar panas dan tidak normal, sudah lebih dari 30 derajat Celcius selama dua bulan!" tulis seorang pengguna Weibo.

Para ahli menyalahkan perubahan iklim global untuk cuaca yang tidak biasa.

Pada Selasa, suhu maksimum melonjak hingga 37-39 derajat Celcius di beberapa bagian Provinsi Sichuan, Jiangsu, Zhejiang, Fujian, Jiangxi, Hubei, dan Anhui, serta Kota Chongqing dan Shanghai.

Baca Juga: Cuaca Panas Selimuti Indonesia, BMKG Rekam Suhu Maksimum Harian hingga 37°C

Secara khusus, Kota Luzhou dan Yibin di Sichuan, Zhaotong (Yunnan), Shaoxing, Ningbo, Jiaxing, dan Huzhou (Zhejiang), serta Changzhou dan Wuxi (Jiangsu) mencapai suhu sekitar 40 hingga 42 derajat Celcius.

Sementara itu, hujan lebat mengguyur sebagian Provinsi Gansu, Shaanxi, Shanxi, Shandong, Hebei, Liaoning, Jilin, Heilongjiang, dan Wilayah Mongolia Dalam.

Badan Meteorologi China memperkirakan, cuaca panas dan hujan yang hebat akan terus berlanjut selama beberapa hari ke depan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×